eXtremeINA.com

Features

5 Olahraga Air Ekstrem Ini Bisa Jadi Referensi

eXtremeINA.com  Di dunia ini banyak sekali olahraga air nan ekstrem yang dapat dinikmati setiap pecintanya. Selain dapat menyehatkan tubuh, olahraga ekstrem dapat memacu adrenali dan menguatkan mental seseorang dalam kehidupannya. Jika masyarakat pada umumnya hanya mengetahui Surfing dan Arung Jeram sebagai olahraga air yang cukup ekstrem, nyatanya masih banyak sekali olahraga ekstrem di air yang dapat dicoba.

Berikut adalah daftar olahraga ekstrem di air yang mampu menjadi referensi:

  • Big Wave Surfing

Tidak seperti olahraga surfing pada umumnya, Big Wave Surfing mengharuskan Anda berseluncur di dalam ombak besar dengan ketinggian di atas 20 kaki. Untuk melakukannya, Anda diharuskan berada di tengah laut. Lalu sesaat sebelum ombak besar tersebut datang, Anda akan dibawa turun oleh gelombang hingga mencapai 20-50 kaki ke bawah permukaan laut sebelum akhirnya berselancar di dalam ombak tersebut. Papan yang digunakan pun harus yang berukuran besar karena hanya papan besar yang dapat digunakan untuk mengendarai ombak sebesar itu.

  • Kitesurfing

Olahraga yang sangat populer di Amerika dan Eropa ini termasuk ke dalam salah satu olahraga air ekstrem lainnya. Kitesurfing merupakan olahraga yang menggabungkan surfing dan layangan. Anda tidak hanya harus mengendarai papan selancar tetapi juga mengendalikan angin yang menerbangkan layangan. Olahraga ini membutuhkan kekuatan tangan untuk mengendalikan layangan dan kekuatan kaki untuk mengendalikan papan seluncur yang berada di atas ombak. Untuk mencobanya, Anda tidak perlu jauh-jauh terbang ke luar negeri karena di Bali pun sudah banyak yang menyediakan kesempatan bagi Anda.

  • Windsurfing

Olahraga lainnya yang mirip dengan kitesurfing adalah Windsurfing. Akan tetapi Windsurfing jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan Kitesurfing. Olahraga ini membuat kita harus berselancar dengan papan selancar yang telah dimodifikasi dengan layar. Selain harus mengendalikan ombak dan angin, Anda juga dituntut untuk menyeimbangkan perahu dan layarnya yang berat untuk tetap bisa menerjang ombak. Untuk melakukannya, Anda harus menguasai beberapa teknik-teknik dasar yang membutuhkan waktu lumayan lama untuk dipelajari. Jadi sebelum mencobanya, pastikan Anda mengikuti kursus dan pelatihannya terlebih dahulu.

  • Flyboarding

Flyboarding akan menawarkan Anda sensasi terbang layaknya Iron Man menggunakan jet bertenaga khusus. Bedanya, pada Flyboarding jet tersebut dikendalikan dengan tekanan air yang sangat kuat. Ketika melakukan Flyboarding, tangan dan kaki Anda akan dipasangi semacam alat yang menyemburkan air dengan tekanan luar biasa yang dapat mengangkat Anda hingga ke udara. Tapi jangan disangka mengendalikannya merupakan hal yang mudah. Untuk dapat terbang dengan baik Anda harus menjaga keseimbangan Anda selama berada di atas air tersebut.

Dean Treml/Red Bull Content Pool // P-20120217-65724 // Usage for editorial use only // Please go to www.redbullcontentpool.com for further information. //

  • Cliff Diving

Diving atau menyelam adalah olahraga yang identik dengan menyelam ke dalam laut dan menikmati keindahan biota laut di tengah lautan. Tetapi olahraga Cliff Diving ini berbeda dengan menyelam pada umumnya. Olahraga yang menggabungkan seni akrobat dan menyelam ini mengharuskan Anda untuk terjun dari tebing setinggi 20m langsung ke dalam laut. Kebanyakan mereka yang melakukannya akan berteriak sepuasnya untuk melepaskan stress dan adrenalin ketika akan terjun ke laut.

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : Berbagai Sumber

Edited by      : Ihsan Rizaldi Raz

MORE Features

  • Sepeda Roda Satu, Terlihat Lebih Ekstrem

    Unicycle atau sepeda roda satu adalah salah satu sejenis sepeda beroda satu.

  • Nias Miliki Dua Pantai Eksotis Untuk Surfing

    Indonesia memang dikenal sebagai negara yang memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Salah satunya adalah pantai untuk bermain olahraga surfing yang dikenal dapat memacu adrenaline.

  • Trik Hindari Cedera Bersepeda Downhill

    Cara Aman Hindari Cedera Bersepeda Downhill

  • Manfaat Olahraga Surfing Terhadap Tubuh

    Surfing adalah olahraga yang dimainkan di atas ombak yang tinggi dan sebagai olahraga yang tergolong ekstrem.

  • Bodyboarding, Cara Lain Menikmati Ombak

    Bodyboarding adalah olahraga air ekstrem yang mirip dengan surfing. Hanya beda pada teknik berseluncur yang digunakan oleh kedua olahraga berselancar tersebut.

  • Mentawai Miliki Dua Spot Surfing Terbaik Dunia

    Mentawai Miliki Dua Spot Surfing Terbaik Dunia

  • Bungee Jumping, Bakar Adrenalin dengan Melompat

    Bungee Jumping adalah salah satu olahraga ekstrem yang saat ini mulai banyak digemari anak-anak muda Indonesia.

  • Manfaat Saat Berlatih Beladiri

    Banyak masyarakat awam beranggapan bahwa menggeluti dunia seni bela diri sama saja mempelajari ilmu kekerasan.

  • Menikmati Water Tubing

    eXtremeINA.com              Jika bermain olahraga air semacam arung jeram [rafting] untuk menaklukkan sungai dengan jeram dan bebatuan besar sudah biasa, maka cobalah Water Tubing. Dengan olahraga ini kita dapat melawan jeram di sungai dengan cara yang berbeda dan pastinya tetap memacu adrenaline. Secara garis besar, water tubing ini mirip dengan rafting, namun perbedaannya adalah water […]

  • Teknik Dasar Drifting

    Drifting adalah teknik menyetir dimana pengemudi berusaha membuat mobilnya dalam posisi miring dan tetap dalam keadaan meluncur selama mungkin.

COMMENTS

<