eXtremeINA.com

Profile

Agiet Aria, Atlet Gantolle Berjiwa Ekstrem

agiet-arie_profile (2)eXtremeINA.com                   Mohammad Agiet Aria Kusuma adalah seorang atlet Gantolle yang mewakili Porda Kota Bandung. Lahir pada tanggal 29 November 1986, Agiet lahir dari kelurga Gantolle. Ayahnya yang bernama Yeye Sukmaya adalah seorang pilot Gantolle, yang pernah mendapatkan juara 3 Kejuaraan Gantolle di Wonogiri pada tahun 1994. Sementara Paman nya yang bernama Koesnadi Bohon juga seorang pilot Gantolle yang pernah mendapatkan medali emas di PON Riau pada tahun 2012. Selain itu kakak kandung Agiet yang bernama Mohammad Adi Ibrahim juga seorang atlet Gantolle yang mewakili Porda Kabupaten Garut.

Pria kelahiran Bandung ini memulai penerbangannya pada saat masih menduduki bangku kelas 1 SMA, dan untuk pertama kalinya pada tahun 2010 Agiet mulai ikut Kejuaraan Nasional Gantolle Huta Ginjang di Sumatra, dan dia langsung dinobatkan sebagai pilot termuda yang ikut dalam Kejuaraan Nasinal tersebut.

agiet-arie_profile (3)Tidak sampai disitu saja, seiring berjalannya waktu prestasi-prestasi lainnya juga Agiet dapatkan seperti, Juara 3 ketepatan mendarat di Kejuaraan Porda Jawa Barat pada tahun 2010, Juara 2 Kejuaraan Nasional Banjar Baru Kalimantan Selatan, Juara 2 Ketepatan Mendarat Kejuaraan Nasional tahun 2010 di Jember, Juara 2 Bogor Cup Ketepatan Mendarat pada tahun 2011, Juara 1 Cross Country di Wonogiri tahun 2014, Juara 1 Streamer Catching di Wonogiri Tahun 2014, dan yang paling terbaru adalah, Agiet berhasil mendapatkan juara ke 2 dengan ketepatan mendarat di Kejuaraan Porda Jabar yang diselenggrakan di Cililin Kabupaten Bandung Barat pada tahun 2014.

Selain keluarga yang menginspirasinya dalam mengembangkan skill dalam bermain Gantolle, ada nama lain yang juga menjadi panutan Agiet dalam bermain Gantolle. Dia adalah Jhonny Duran seorang pilot Gantolle asal Australia dan Manfred Rhumer dari Austria.

agiet-arie_profile (5)

Disela-sela kesibukannya berkompetisi di Kejuaraan Gantolle, Agiet juga bermain dan sangat menyukai olahraga ekstrem lainnya, seperti Offroad motor dan Surfing. Sebagai atlet daerah yang penuh dengan prestasi, Agiet juga tergabung dalam Komunitas Gantolle di Bandung yang bernama Flamenggo. Selain itu Dia juga berpesan kepada para pilot muda yang ingin mengembangkan karirnya sebagai pilot Gantolle, pesan seorang Agiet adalah jangan jangan pernah bosan untuk latihan, agar skill dan filling bermain Gantolle makin terasah.

agiet-arie_profile (4)

Perkembangan Gantolle di Indonesia dinilainya masih belum berkembang, semua itu dikarenakan keterbatasan alat sebagai pendukung untuk bermain Gantolle. Maka harapan dia pada pemerintah adalah, pemerintah sering membuat event atau Kejuaraan Gantolle di Indonesia, selain itu pemerintah juga dapat memfasilitasi semua perlengkapan dan juga tempat yang dibutuhkan untuk bermain Gantolle. Dengan begitu anak-anak muda Indonesia akan tertarik untuk bermain Gantolle, dan bukan tidak mungkin Indonesia akan  memiliki pilot-pilot muda Gantolle yang berbakat dan dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.

Text                 : Bambang Vidiatmoko

Photo’s            : courtesy of Agiet Aria

MORE Profile

COMMENTS

One response to “Agiet Aria, Atlet Gantolle Berjiwa Ekstrem”

  1. Y.W.Matulessy says:

    Hallo Sobat, saya berkeinginan unt membuka lapak unt khusus nya peralatan olah raga terbang layang, baik unt pemula para layang sampai pada yg paramotor. Mohon saran dan perijinan apa saja yg hrs dilengkapi, juga peraltan apa saja yg kebanykan di perlukan. Mungkin juga mesin paramotor yg menjadi kesukaan. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

<