eXtremeINA.com

Profile

Aji Agoesdji, Pelopor Indonesia Gravity Sport

indonesia-gravity-sporteXtremeINA.com        Lahir di Bandung 19 Febuari 1977, Aji Agoesdji atau yang sering dipanggil kang Aji adalah seorang pelopor Asosiasi Indonesia Gravity Sport. Indonesia Gravity Sport adalah asosiasi yang mewadahi kumpulan ekstreme sport seperti, Gravity Bike, Street Luge, dan Longboard.

Ide kang Aji membuat asosiasi Indonesia Gravity Sport sekitar tahun 2008. Namun Indonesia Gravity Sport diresmikan pada tahun 2010. Ide kang Aji untuk membuat asosiasi tersebut muncul ketika dia bertemu salah satu rider Gravity Bike Brett Philips yang pernah merasakan juara dunia Gravity Bike pada tahun 2008 sampai 2011, saat itu dia bertanya bagaimana membuat suatu organisasi yang dapat merangkul olahraga ekstrem, Gravity Bike, Street Luge, dan Longboard. Mulai dari situlah kang Aji berencana membuat organisasi yang dapat menyatukan olahraga ekstrem tersebut, dan terciptalah Indonesia Gravity Sport.

eXtremeINA_Adji_IGS_profile (1)Awalnya olahraga ekstrem yang tergabung ke dalam Indonesia Gravity Sport adalah Gravity Bike, namun di event pertama yang dibuat Indonesia Gravity Sport bersama Laka Longboard di Dago, Bandung, Jawa Barat saat itulah Longboard mulai masuk ke dalam Asosiasi Indonesia Gravity Sport.

Untuk kepengurusan Indonesia Gravity Sport sudah tersebar di berbagai daerah, namun pusatnya masih berlokasi di Bandung. Selain mendirikan asosiasi ini, kang Aji rupanya adalah mantan juara Drag Racing, dia pernah mendapatkan juara 1 Drag Racing BBC dan Juara 1 Kejurnas Drag Race.

Walaupun sebagai pendiri Asosiasi Indonesia Gravity Sport, rupanya kang Aji tidak menguasai semua jenis olahraga ekstrem tersebut. Kang Aji hanya menguasai Gravity Bike, karena Gravity Bike dinilainya lebih safety dibanding Street Luge dan Longboard.

Perkembangan olahraga ekstreme di Indonesia dianggapnya sudah semakin berkembang pesat, apalagi jenis olahraga ekstrem Longboard. Selain itu kang Aji berharap dengan dibuatnya event-event kejuaraan Gravity Bike, Street Luge, dan Longboard di Indonesia dengan memanfaatkan pemandangan alam Indonesia, Pemerintah dapat melihat potensi pariwisata yang ada di Indonesia dan dapat dijadikan sebagai destinasi tujuan wisata para turis mancanegara. Apalagi banyak peserta dari event-event tersebut berasal dari mancanegara.

eXtremeINA_Talegong_gallery_pt5 (06)

Selain itu kang Aji berpendapat, banyak sekali atlet Gravity Bike, Street Luge, dan Longboard yang sangat berpotensi, mampu berprestasi, dan mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Seperti rider Longboard Andry Satria atau yang akrab dipanggil Cece, dia berhasil menjuarai Kejuaraan Longboard di Malaysia pada tahun 2012 dan 2013.

Text       : Bambang Vidiatmoko

Photo’s : Aditya Oktavirmana & Bambang Vidiatmoko

MORE Profile

COMMENTS

<