eXtremeINA.com

News

Atlet Gantolle Jateng Bangkit di Kejurnas Seri I Gantolle 2017

WONOGIRI – eXtremeINA.com          Atlet Olahraga Dirgantara Gantolle [Layang Gantung] bangkit pasca kisruh di pengurusan yang membuat absen di kejuaraan nasional selama dua tahun dan tidak mengikuti PON XIX Jawa Barat yang tersaji di tahun 2016 silam, dengan kembali mengikuti Kejuaraan Nasional Seri I Lintas Alam Gantolle, yang diselenggarakan pada tanggal 29 Oktober 2017 hingga 1 November 2017 di Bukit Joglo, Waduk Gajah Mungkur, Desa Sendang, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

21 Pilot Nasional Sukseskan Seri I Kejuaraan Lintas Alam Gantolle Wonogiri 2017_news (4)

Diikuti oleh 21 pilot dari 6 Provisi di Indonesia, Provinsi Jawa Tengah mengirimkan beberapa pilotnya dalam seri I Kejurnas Gantolle 2017 ini. Walaupun absen pada laga-laga sebelumnya, nyatanya kemampuan para pilot Gantolle Jawa Tengah ini masih menunjukkan kelasnya dengan berhasil menjuarai Kelas B atas nama Isah Iriawan, Supardi meraih perunggu, dan Susetiyoko Achmad yang meraih medali perunggu pada Kelas A.

21 Pilot Nasional Sukseskan Seri I Kejuaraan Lintas Alam Gantolle Wonogiri 2017_news (3)

Bersaing dengan para pilot top Nasional lainnya, pilot asal Jawa Tengah ini harus berjuang dengan soal-soal yang telah diberikan oleh pihak penyelenggara, pada Kelas A menempuh rute terpanjang.

21 Pilot Nasional Sukseskan Seri I Kejuaraan Lintas Alam Gantolle Wonogiri 2017_news (6)

Pada Ronde IV [1/11], yakni 48,8 km. Sedangkan para pilot Kelas B terbang terjauh pada Ronde I [29/10], 24,7 km. Para pilot diwajibkan terbang di atas sejumlah titik dalam waktu tercepat. Peralatan navigasi GPS [Global Positioning System] yang wajib dibawa setiap pilot, merekam jejak dan waktu penerbangan mereka. Yang membedakan kelas para pilot adalah jenis layangan. Bila di Kelas B layangannya satu lapis, maka di Kelas A dua lapis.

21 Pilot Nasional Sukseskan Seri I Kejuaraan Lintas Alam Gantolle Wonogiri 2017_news (2)

Olahraga Gantolle di Indonesia tengah berkembang walaupun secara perlahan. Hal yang membuktikannya adalah semakin banyaknya pilot muda di penjuru Tanah Air yang bermunculan, selain itu Indonesia juga dikenal oleh dunia karena memiliki salah satu spot terbang Gantolle terbaik di dunia yang berada di kawasan Gunung Telomoyo, Ambarawa, Jawa Tengah.

Text                 : Bambang Vidiatmoko

Photos           : Tagor Siagian / Humas PB FASI

MORE News

COMMENTS

<