eXtremeINA.com

Features

Bedanya Surfboard Epoxy dengan Fiberglass

eXtremeINA.com  Jenis papan surfing terbagi menjadi dua bagian, yaitu papan surfing epoxy dan fiberglass. Bagi mereka yang belum mengetahuinya ataupun seorang pemula di dunia Surfing akan sangat sulit membedakannya dan cukup membingungkan papan surfing mana yang cocok untuk mereka gunakan. Namun sejatinya bagi seorang pemula dan pro, papan Surfing yang membedakanya adalah panjang dan bentuknya saja, bukan terbuatnya dari bahan apa.

Perbedaan Papan Surfing Epoxy dengan Papan Surfing Fiberglass_feature (1)

Papan surfing epoxy memiliki inti bahan busa polystyrene dan kemudian dilapisi dengan resin epoxy, dan resin epoxy itulah yang menjadikan nama papan Surfingnya. Papan Surfing epoxy sangat popular diera tahun 90an, namun keberadaanya seketika hilang saat pabrik Clark Foam yang merupakan pemasok polyurethane untuk papan fiberglass tutup ditahun 2005.

Perbedaan Papan Surfing Epoxy dengan Papan Surfing Fiberglass_feature (2)

Papan surfing jenis epoxy ini memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan papan surfing jenis fiberglass. Diantaranya adalah :

Lebih kuat: Resin epoxy dapat sebanyak 35% lebih kuat dari resin yang digunakan pada papan fiberglass. Hal ini membuat sebuah papan epoxy pilihan ideal bagi mereka yang pemula dan rentan terhadap bantingan, anak-anak dan remaja, orang-orang yang berada di pesawat dan sangat cepat dalam mengejar gelombang yang sempurna, dan mereka yang berselancar di dekat batu.

Daya apung yang lebih baik: Sebuah papan selancar epoxy memiliki daya apung yang lebih baik daripada papan fiberglass, sehingga lebih mudah untuk mendayung, float, dan akhirnya menangkap gelombang, membuat mereka pilihan yang cocok bagi mereka peselancar baru.

Lebih Ringan: Busa polistiren yang digunakan dalam papan selancar epoxy beratnya kurang dari poliuretan batin dalam papan selancar tradisional (fiberglass), bobot yang lebih ringan membuatmu lebih mudah mendayung dan lengan tidak cepat capek untuk bermain surfing.

Perbedaan Papan Surfing Epoxy dengan Papan Surfing Fiberglass_feature (4)

Kurang rentan terhadap air : Genangan air adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan fenomena di mana papan selancar akan kemasukan air dari waktu ke waktu. Hasil akhirnya adalah sebuah papan selancar akan kuning yang beratnya bertambah. Karena proses perjalanan dan waktu, genangan air yang cukup banyak akan terjadi pada papan selancar fiberglass baik karena bantingan dan penyok yang membuat air bisa masuk ke dalam sebagai bagian dari proses papan selancar. Karena sifat keras dari papan selancar epoxy, genangan air jauh lebih sedikit dari masalah.

Sedangkan papan jenis fiberglass atau yang dikenal sebagai PU atau papan surfing polyurethane. papan selancar Fiberglass telah ada selama lebih dari 50 tahun dan dianggap sebagai papan selancar yang tradisional. Papan selancar fiberglass yang terbuat dari poliuretan batin, dan kemudian dibungkus kain fiberglass, maka namanya fiberglass. Papan selancar fiberglass lebih mudah beradaptasi dalam gelombang dari pada papan selancar epoxy, tapi lebih mudah untuk kerusakan.

Perbedaan Papan Surfing Epoxy dengan Papan Surfing Fiberglass_feature (3)

Jadi kesimpulannya adalah, perbedaan antara epoxy dan fiberglass ini terdapat pada zat kimia dan campuran bahan dasar didalamnya. Papan surfing epoxy ini dibuat menggunakan inti polystyrene dan kemudian dilapisi dengan resin epoxy. Sementara papan Surfing fiberglass dipercaya sebagai papan Surfing tradisional dan memiliki inti poliurethan dan kemudian dilapisi dengan kain fiberglass

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : Berbagai Sumber

MORE Features

COMMENTS

<