eXtremeINA.com

News

Cape Epic Dijuluki Hors Catégorie, Ajang MTB Ekstrem Dunia

JAKARTA – eXtremeINA.com    Cape Epic disebut sebagai salah satu ajang kejuaraan sepeda gunung [Mountain Bike] paling ekstrem di dunia. MTB marathon yang selalu diperlombakan setiap tahunnya ini akan kembali tersaji di tahun 2019, tepatnya di tanggal 17 – 24 Maret di Cape Town, Afrika Selatan.

cape-epic-illustration (5)

Biasanya race ini akan digelar pada awal tahun sebelum bergulirnya Kejuaraan Dunia MTB. Race Cape Epic ini tergolong sangat unik namun tergolong cukup extreme, pasalnya selain rider harus melewati durasi yang cukup panjang, mereka juga harus melintasi alam Afrika Selatan yang cukup menantang. Race Cape Epic merupakan Kejuaraan Sepeda Gunung Marathon yang memiliki gelar Hors Catégorie dari Union Cycliste Internationale [UCI] atau yang dikenal sebagai federasi olahraga bersepeda dunia.

cape-epic-illustration (1)

Kejuaraan sepeda MTB bertajuk Cape Epic ini pertama kali digelar pada tahun 2014 dengan jarak tempuh mencapai 700 km dan berdurasi selama 8 hari. Racenya sendiri terdiri dari 1 race pembukaan [prologue] dan 7 race etape. Untuk pendakiannya biasa mencapai 15.000 m. Pemenang Cape Epic pertama berhasil diraih oleh Karl Platt dan Mannie Heymans. Bagi penggeliat MTB khususnya di XC, ajang Cape Epic memiliki daya tarik yang cukup fantastis. Pasalnya walaupun trek dan durasi lomba yang tergolong cukup extreme, kejuaraan sepeda MTB ini mampu menghadirkan ribuan peserta baik dari kategori amatir maupun profesional.

cape-epic-illustration (3)

Sejak 2006 Kejuaraan MTB ini didukung oleh Perusahaan Perbankan di Afrika bernama Absa, dan pada saat itulah ajang ini bernama Absa Cape Epic hingga sekarang. Cape Epic sendiri memiliki format balap yang cukup berbeda dibanding dengan kejuaraan dunia MTB, Cape Epic memiliki format race beregu yang berisikan 2 pebalap.

cape-epic-illustration (2)

Penggunaan format tersebut bertujuan untuk meminimalisir terjadinya resiko kecelakaan para rider yang bertanding. Cape Epic memiliki 5 kategori perlombaan, yaitu putra, putri, mixed [campuran], master, dan grand master. Layaknya Tour de France, ajang balap sepeda Cape Epic ini juga memiliki sejumlah jersey ikonik yang diperebutkan oleh para peserta. Salah satunya adalah jersey Leopard yang paling bergengsi.

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photo             : Berbagai Sumber / Cape Epic

#dirt #extremeina #extremeinadotcom #extremesports #extremesportsindonesia #bike #capeepic #championship #horscatégorie #mountainbike #UCI

MORE News

COMMENTS

<