eXtremeINA.com

Profile

Dede Supratman, Paraboy yang Jadi Atlet Paralayang

Dede Supratman-Paralayang-profile (4)eXtremeINA.com             Dede Supratman adalah pria kelahiran Cisarua, Bogor Jawa Barat. Lahir pada tanggal 25 Februari 1985, awalnya Dede Supratman adalah seorang Paraboy, sebutan untuk seseorang yang membantu pekerjaan atlet Paralayang untuk melipat parasutnya. Sebagai Paraboy yang handal dulunya Dede hanya melihat para atlet Paralayang terbang diatas rumahnya.

Namun saat Dede melihat ada Parasut yang mengangur, dia nekat mencoba terbang sendiri tanpa didampingi oleh siapa pun, dan kejadian ini dialami pada saat Dede berumur 15 tahun. Ketertarikan Dede mencoba Paralayang dan ingin terus berkembang sebagai pilot juga berkat dorongan dari sang kakak yang juga sebagai atlet Paralayang Nasional. Selain itu salah satu Olahraga yang cukup esktrem ini dipilihnya karena dapat meningkatkan adrenalin saat diudara, namun tetap mengasikan.

Demi meningkatkan skill dalam bermain Paralayang, Dede diajari oleh sang idolanya yaitu Gendon Subandono. Walaupun dalam Paralayang mempunyai dua disiplin yaitu ketepatan mendarat dan lintas alam, namun Dede sangat menyukai disiplin ketepatan mendarat, dan kurang begitu suka dengan lintas alam. Ketepatan mendarat disukainya karena lokasi Gunung Mas, Puncak, yang sering dijadikan tempat untuk ketepatan mendarat Paralayang lebih dekat dari rumahnya.

Seiring berjalannya waktu, Dede terus belajar meningkatkan skill dan mentalnya saat mengudara, dan saat kemampuannya dinilai sudah cukup hebat, pada tahun 2002 Dede mulai ikut Kompetisi Paralayang kategori beregu di Puncak, Bogor, dan meraih medali emas.

Dede Supratman-Paralayang-profile (2)Setelah itu prestasi–prestasi lainnya mulai diraih oleh Dede Supratman, seperti meraih medali emas kategori perorangan ketepatan mendarat PON XVI Sumsel tahun 2004, Juara 1 beregu ketepatan mendarat Batu Open tahun 2005, Juara 1 perorangan senior di Sumedang tahun 2006, Juara 1 perorangan senior Kejurnas Batu Open tahun 2007, meraih media emas beregu ketepatan mendarat Kejurnas Malang tahun 2013, Medali perak beregu ketepatan mendarat PGAWC Malaysia tahun 2013, Medali perak beregu ketepatan mendarat ABG Thailand tahun 2014, Medali emas perorangan ketepatan mendarat WPAC Puncak Bogor tahun 2015, Medali perunggu beregu ketepatan mendarat WPAC Puncak Bogor tahun 2015, dan masih banyak sekali prestasi lainnya yang sudah didapat oleh Dede Supratman. Saat ini Dede Supratman masuk kedalam peringkat 18, sebagai atlet terbaik dunia Paralayang.

Dede Supratman-Paralayang-profile (5)

Walaupun sudah banyak prestasi yang didapat Dede Supratman masih akan terus berjuang dalam turnamen–turnamen Paralayang yang akan datang, salah satunya adalah dia sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi Paralayang dalam Kejuaraan PON ditahun depan. Selain itu Dede juga ingin sekali mengharumkan nama Indonesia dikancah Internaional.

Dede Supratman-Paralayang-profile (3)

Sebagai salah satu pilot terbaik Indonesia, Dede juga memperhatikan perkembangan Olahraga Paralayang di Indonesia. Menurutnya perkembangan Paralayang di Indonesia cukup berkembang, semuanya dibuktikan dengan banyaknya pilot muda yang bermunculan di setiap daerah.

Text             : Bambang Vidiatmoko

Photo’s        : Lassak Imaji / Tagor Siagian

MORE Profile

COMMENTS

<