eXtremeINA.com

News

Dede Suryana: Ombak Bono Menyeramkan Namun Tetap Asik

JAKARTA – eXtremeINA.com Indonesia memang dikenal sebagai negara kepulauan yang sangat besar, oleh sebab itu memiliki pantai-pantai terbaik untuk digunakan bermain surfing. Namun tidak hanya pantai saja, pasalnya Indonesia juga memiliki sungai yang dapat dijadikan spot untuk bermain surfing.

eXINA-Radical Times Bersama Dede Suryana_news (3)

Sungai tersebut berada di Bangkinang, Riau yang terkenal sebagai ombak Bono. Ombak Bono bukanlah spot surfing yang baru di Indonesia, tidak hanya surfer Indonesia saja yang ingin merasakan bermain surfing di Sungai Kampar ini, sudah banyak surfer top dunia menjadikan ombak Bono sebagai destinasi terbaik dunia untuk bermain surfing.

Fenomena ini pun mendapat tanggapan dari salah satu surfer terbaik Indonesia dan juga dunia bernama Dede Suryana. Mang Dede panggilan akrabnya pertama kali menjajal ombak Bono sekitar tahun 2011, dan kesan pertama yang di rasakannya adalah sangat luar biasa. Dia pun mengatakan ini adalah pengalaman baru bisa bermain surfing di sungai, dan yang lebih membuatnya bangga adalah spot ini berada si Indonesia. Dede Suryana pun menambahkan mengenai spot surfing, Indonesia memang tidak ada tandingannya dibanding negara lain, jadi kekayaan alam ini harus tetap terjaga untuk bisa terus dinikmati.

Dede Suryana Ombak Bono Menyeramkan Namun Tetap Asik_news

Walaupun memberikan sensasi yang berbeda dibanding surfing di pantai, Sungai Kampar dengan ombak Bononya terbilang sangat ekstrem. Pasalnya pada spot banyak dihuni hewan-hewan buas seperti buaya dan ular. Saat bermain surfing di ombak Bono, Dede Suryana pun merasa takut dan tidak nyaman dengan kehadirannya hewan-hewan tersebut. Apalagi saat Dede berjalan ke hulu sungai dia melihat seekor buaya sedang berjemur lalu meloncat ke air, sementara kita bermain surfing di sepanjang sungai dan melewati sarangnya.

Biasanya saat bermain surfing di ombak Bono, beberapa crew seperti tim jet ski dan perahu lokal sudah berada disamping para surfer bermain. Jika ingin menikmati ombak Bono, surfer harus jeli memilih waktu yang tepat. Karena ombak yang berada di Sungai Kampar ini hanya datang satu kali dalam sehari. Ketika ombak datang seorang surfer harus tahu posisi ombak yang bagus, saat ingin mengambil ombak pun harus di drop dengan jet ski atau perahu karet.

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : eXtremeINA.com / dok. Dede Suryana

MORE News

COMMENTS

<