eXtremeINA.com

JAKARTA – extremeINA.com     Unicycle atau sepeda roda satu adalah salah satu sejenis sepeda beroda satu. Dan sepada ini disempurnakan oleh German Baron Karl von Drais pada tahun 1886. Baron lah yang mempatenkan design sepeda beroda satu tersebut, dan saat ini masih bisa terlihat di museum Paleis het Loo di Apeldoorn Belanda.

ilustrasi-unicycle_feature (1)

Di Indonesia sepeda roda satu belum terlalu familiar untuk di kalangan anak muda. Bagi yang hobi bersepeda bisa membuatnya komunitas olahraga ini. Supaya di Indonesia semakin berkembang dengan olahraga-olahraga yang belum terpublis.

Olahraga sepeda satu ini memang sangat membutuhan keseimbangan, kekuatan dan konsentrasi yang cukup. Dan untuk cara memainkannya sama saja dengan sepeda roda dua, hanya saja kalau yang beroda satu terlihatnya sangat ekstrim dan menakutkan untuk dicoba.

ilustrasi-unicycle_feature (2)

Dalam perkembangan unicycle mampu melakukan medan freeride yang biasa dilalui oleh sepeda gunung berroda dua. Unicycle tidak hanya digunakan di jalan bisa saja atau jalanan beraspal, tapi unicycle mampu digunakan melalui medan offroad, seperti melintasi puncak tertinggi di Indonesia, agar lebih menantang dan memiliki pengalaman yang asik.

Untuk para pemula yang ingin mencoba olahraga ekstrim ini, kunci utamnya tetap berhati-hati dan jaga keselamatan diri anda, harus diawasi oleh seorang yang pro, dan rajin berlatih.

ilustrasi-unicycle_feature (3)

#bike #bicycle #dirt #extremeina #extremesports #extremesportsindonesia #feature #indonesia #unicycle #urban

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : Berbagai Sumber

Edited by      : Ihsan Rizaldi Raz

Unicycle atau sepeda roda satu adalah salah satu sejenis sepeda beroda satu.

READ MORE

JAKARTA – eXtremeINA.com    Rifat Sungkar bekerjasama dengan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia [MMKSI] resmi memperkenalkan mobil teranyarnya, yaitu Mitsubishi Xpander AP4 Concept tepat di hari pembuka ajang Indonesia International Motor Show [IIMS] 2019 yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat pada [25/4].

Xpander AP4 sendiri merupakan sebuah konsep mobil yang diciptakan dari buah pemikiran Rifat yang berangan-angan untuk membuat mobil low-MPV 7 seater menjadi suatu kendaraan kompetisi yang atraktif. Untuk mewujudkannya, Rifat menjalin kerja sama dengan modifikator digital berbakat, Yoga Budi Widiantoro, yang sukses membuat konsep Xpander AP4 dalam bentuk 3D.

“Mobil ini begitu inspiratif bagi saya karena Mitsubishi punya sejarah penting di ajang motorsport dunia. Bahkan impresi saya ketika mencoba Xpander pertama kali di Jepang 2,5 tahun yang lalu sangat baik terutama dalam hal handling dan suspensi,” ungkap Rifat.

Melihat bodi Xpander yang begitu ideal juga membuat Rifat berpikir untuk melakukan pengembangan dari arah modifikasi untuk bisa menyerupai konsep AP4. Rifat mengaku garis bodi yang modern dengan aerodinamika yang maksimal menjadikan Xpander memiliki struktur yang ideal. “Dari awal saya menimbang mobil ini juga memiliki distribusi bobot depan belakang yang seimbang, sehingga saya sangat yakin mobil untuk menjadikan mobil ini sebagai konsep AP4 di Indonesia.”

Sebagai Ketua Komisi Rally IMI Pusat, Rifat terus beradaptasi dengan perkembangan regulasi dunia dan konsep modern seperti AP4 yang memperbolehkan sebuah kendaraan keluarga seperti Xpander bisa menjadi kendaraan kompetisi dengan regulasi yang telah diatur sedemikian rupa. Regulasi yang dimaksud meliputi kesetaraan struktur suspensi dan kontrol mesin yang digunakan.

Dengan mengusung konsep AP4, perawatan mobil ini juga menjadi lebih terjangkau karena spare parts yang lebih mudah didapatkan dan juga dapat menggunakan spare partsdari peserta sesama pengguna AP4.

Text & Photo : karyaKU

Edited by       : Ihsan Rizaldi Raz

Rifat Sungkar dengan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia resmi memperkenalkan mobil teranyarnya.

READ MORE

JAKARTA – eXtremeINA.com    Beberapa waktu terakhir kelas AP4 dalam kancah reli mulai sering diperbincangkan, secara khusus di wilayah Asia Pasifik. Namun apa sebenarnya kelas AP4 tersebut dan bagaimana asal usulnya sehingga saat ini mulai menarik minat banyak pereli?

AP4 merupakan sebuah mobil yang dicanangkan oleh Motorsport New Zealand [MSNZ] dan Confederation of Australia Motorsport [CAMS]—selaku induk olahraga otomotif di kedua negara tersebut—pada 2015 silam. Awalnya, AP4 diciptakan untuk menjadi alternatif karena mobil reli berjenis R5 [spesifikasi World Rally Championship] terlampau mahal.

Maka dari itu dapat dikatakan bahwa konsep AP4 lebih menitikberatkan pada penekanan biaya produksi yang jauh lebih ekonomis ketimbang mobil-mobil reli berspesifikasi lebih tinggi. “Dengan menggunakan konsep AP4, para pelaku industri reli dapat menekan biaya produksi berkali lipat lebih murah karena basis yang digunakan adalah mobil harian yang saat ini beredar masif di pasaran,” ungkap Rifat Sungkar selaku Ketua komisi Rally IMI Pusat.

Beberapa faktor yang membuat AP4 lebih terjangkau adalah karena menggunakan mesin, gearbox, serta suspensi yang sama untuk seluruh bodi mobil. Dengan kata lain, bodi mobil dari berbagai merek tetap dapat menggunakan mesin, gearbox, serta suspensi yang sama. Konsep ini akan membuat seluruh mobil AP4 dapat sharing spare part yang sama antar sesama tim saat kompetisi reli berlangsung.

“Komisi Rally bersama dengan komunitas rally terus mensosialisasikan kelas AP4 ini sebagai penawar bagi mereka yang ingin mencicipi keseruan olahraga rally di level internasional. Dengan adanya AP4 ini sangat memungkinan pereli Indonesia untuk berlaga di ajang reli internasional,” tambah Rifat.

Mobil berjenis AP4 ini dapat dikatakan sebagai wajah baru mobil reli di indonesia yang menggantikan kendaraan-kendaraan grup R yang sudah berusia lebih dari 10 tahun. Sebagai catatan juga, mobil-mobil reli jenis AP4 mendapatkan lisensi untuk berlomba di kejuaraan internasional, seperti reli Australia, reli Selandia Baru, reli Asia-Pasifik.

Text & Photos : karyaKU

Edited by         : Ihsan Rizaldi Raz

Beberapa waktu terakhir kelas AP4 dalam kancah reli mulai sering diperbincangkan, secara khusus di wilayah Asia Pasifik.

READ MORE

JAKARTA – eXtremeINA.com    Ajang reli bertaraf internasional, Asia Pacific Rally Championship [APRC] 2019 akan digelar di kawasan perkebunan sawit Rambung Sialang Hilir, Medan, Sumatera Utara pada 27 dan 28 Juli mendatang.

Jadwal ini telah dikonfirmasi langsung oleh Ketua Komisi Rally IMI Pusat, Rifat Sungkar. “Saya sebagai ketua komisi rally menyampaikan bahwa APRC di Medan akan digelar tepatnya pada 27 dan 28 Juli 2019. Jadwal ini merupakan tanggal yang telah diperbarui setelah sebelumnya sempat beredar kabar akan digelar pada 7 Juli,” ungkap Rifat.

Dengan perubahan jadwal ini diharapkan persiapan dalam segala aspek menjadi semakin matang, terutama untuk pemeliharaan lintasan sejauh 160 km yang akan menjadi jarak tempuh para pereli yang ikut bertanding. “Pengunduran ini menjadi waktu tambahan bagi Indonesia selaku tuan rumah untuk semakin matang dalam menyelenggarakan kejuaraan internasional sekelas APRC yang memang sudah dinanti-nantikan oleh para pecinta reli,” tambah Rifat.

Ajang APRC Medan juga sekaligus memperlombakan dua putaran Kejuaraan Nasional [Kejurnas] Reli 2019, di mana putaran 1 berlangsung di hari Sabtu [27 Juli] dan putaran 2 di hari Minggu [28 Juli].

Saat ini pun sudah tercatat ada tiga peserta mancanegara—berasal dari Australia dan Selandia Baru—yang akan turut meramaikan jalannya APRC Medan. Rifat berharap, “Semoga ini menjadi awal yang baik untuk kebangkitan rally Indonesia dengan adanya keikutsertaan peserta mancanegara akan membuat komunitas rally nasional dapat menjalin hubungan yang positif sehingga ke depan bisa menjalin kerja sama yang semakin baik.”

Bagi para pereli yang akan melakukan pendaftaran APRC Medan dapat menghubungi Sekretariat IMI Sumatera Utara [+6261 452 0672] yang berlokasi di Jl. Taruma No. 52, Medan 20112

Text                : karyaKU

Photos           : Berbagai Sumber

Edited by      : Ihsan Rizaldi Raz

Ajang balap reli APRC 2019 akan digelar di Sumatera Utara pada 27 dan 28 Juli mendatang.

READ MORE

eXtremeINA.com    Downhill adalah salah satu olahraga sepeda yang tergolong ekstrem. Betapa tidak, lokasi yang biasa digunakan saat bermain Downhill adalah bukit ataupun pegunungan. Saat menuruni jalur Downhill dari atas pegunungan, pastinya sepeda akan terpacu dengan cepat dan rintangan atau obstacle yang akan dihadapinya pun sangat bervariatif.

Cara Aman Menghindari Cedera Saat Bermain Downhill_feature (3)

Dengan kecepatan yang dihasilkan sepeda dan adanya rintangan tersebut, secara otomatis adrenaline akan semakin meningkat. Sebagai olahraga ekstrem, cedera ringan bahkan parah pun sangatlah mudah didapat bagi para penggeliatnya. Oleh sebab itu jika ingin bermain Downhill, kalian diwajibkan untuk menggunakan alat safety gear dengan lengkap. Bagi para pecinta olahraga ekstrem, keselamatan adalah prioritas utama, termasuk bermain Downhill.

Tips bagi penggeliat Downhill sebelum memulai aktivitas mengendarai sepedanya adalah mengecek sepeda yang akan digunakan, setelah itu gunakan safety gear dengan lengkap mulai dari helm full face yang memang didesain khusus untuk pengguna olahraga Downhill. Penggunaan helm ini sangat berguna bagi keselamatan kepala agar tetap aman saat terjadi benturan. Selanjutnya adalah gunakan pelindung leher atau kata lainnya adalah Leat Brace, yang berfungsi untuk melindungi bagian leher ketika jatuh.

Cara Aman Menghindari Cedera Saat Bermain Downhill_feature (2)

Safety gear yang tidak kalah penting adalah Knee Pad dan Elbow. Penggeliat Downhill wajib menggunakan alat ini, karena pelindung ini dapat melindungi kedua siku tangan dan kedua lutut saat terjatuh. Selanjutnya pakailah kacamata atau yang biasa disebut dengan Googles. Benda ini sangat befungsi sebagai pelindung mata dari ranting pepohonan ataupun debu yang bertebaran. Safety gear selanjutnya adalah Gloves, yang berfungsi untuk melindungi bagian telapak tangan dari goresan bebatuan atau benda tajam saat terjatuh. Lalu yang terakhir adalah pakaian serta sepatu yang telah didesain khusus untuk bermain olahraga Downhill.

Jika kalian para penggeliat Downhill dapat memakai kelengkapan safety gear yang dibutuhkan, setidaknya kalian dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan yang lebih para lagi.

Cara Aman Menghindari Cedera Saat Bermain Downhill_feature (1)

#bicycle #dirt #dowhill #eXtremeINA #extremesports #extremesportsindonesia #feature #Indonesia #mountainbike

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : Berbagai Sumber

Edited by      : Ihsan Rizaldi Raz

Cara Aman Hindari Cedera Bersepeda Downhill

READ MORE

JAKARTA – eXtremeINA.com    Pameran Deep and Extreme Indonesia [DXI] 2019 yang dinobatkan sebagai pameran alat-alat selam, olahraga extreme, dan juga outdoor terbesar di Asia telah usai terselenggara pada akhir pekan kemarin tepatnya di tanggal 4-7 April 2019 di Hall B, Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta Pusat. Sejatinya pameran DXI ini sudah memasuki tahun ke-13 nya, dan pihak penyelenggara dengan amat konsisten selalu menggelar disetiap tahunnya.

Bisa dikatakan pameran DXI ini menjadi salah satu bukti bahwa olahraga outdoor cukup berkembang pesat di Indonesia. Beberapa bukti yang menjadi penguatnya adalah, di tiap tahun penyelenggaraan DXI tenant-nya selalu bertambah serta banyak pengunjung yang hadir dalam pameran DXI 2019. Pada tahun 2019 ini, ajang DXI menghadirkan lebih dari 100 tenant dari dalam maupun luar negeri.

Pameran DXI ini selalu dinantikan oleh para pecintanya, karena dalam pameran ini dihadirkan banyak sekali perlengkapan outdoor baik di laut maupun di darat dengan diskon yang menarik perhatian, hadirnya seminar atau talk show dari narasumber yang kompeten pada bidangnya, serta sharing session dengan tokoh atau legenda olahraga outdoor yang sudah berpengalaman.

Selain itu dalam acara DXI 2019 ini, kalian juga dapat mencari destinasi wisata dengan paket-paket termurah yang ada diseluruh penjuru Tanah Air. Untuk destinasi wisata sendiri langsung dipromosikan oleh dinas-dinas pariwisata di Indonesia terutama yang memiliki obyek wisata bahari dan petualangan, penyedia peralatan diving, organisasi sertifikasi, institusi konservasi, taman nasional, jasa travel, hotel dan resort, sampai jasa perjalanan menggunakan kapal atau liveaboard services yang tersebar dari Aceh hingga Papua.

Saat pembukaan DXI 2019 pada tanggal 4 April 2019, hadir Dharmawan Sutanto selaku CEO DXI, perwakilan Kementerian Pariwisata Ratna Suranti, Ketua WASI Tri Karnavian, hingga Ali Mochtar Ngabalin yang merupakan sebagai Tenaga Ahli di Kantor Kepala Staf Kepresidenan. Dalam kesempatannya Dharmawan mengatakan, “Tahun ini memang Deep and Extreme Indonesia menjelma atau berubah menjadi DXI yaitu suatu pameran dalam festival olah raga petualang Indonesia. Kemudian bagaikan kepompong yang bermetamorfosa menjadi kupu-kupu, kami juga melakukan berbagai perubahan. Di mulai dari perubahan logo yang menjadi landasan kami untuk semangat yang baru, untuk menghadirkan ide baru dan program unggulan pada tahun ini.”

Text & Photos : Bambang Vidiatmoko / eXtremeINA.com

Dengan terselenggarakan DXI 2019, masyarakat menjadi tahu bahwa wisata outdoor di Indonesia telah berkembang pesat.

READ MORE

JAKARTA – eXtremeINA.com    Pameran Deep and Extreme Indonesia [DXI] 2019 telah sukses diselenggarakan pada tanggal 4 hingga 7 April, dan dalam pembukaan di hari pertamanya yang jatuh pada hari Kamis [04/04], pameran DXI yang ke-13 di tahun 2019 ini, Pemerintah melalui Kementrian Pemuda dan Olahraga [KEMENPORA] yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi Kreatif Jonni Mardizal bersama dengan Plt. Asdep Bidang Olahraga Prestasi Ahmad Arsani menghadiri pembukaan pameran Deep and Extreme 2019 yang tersaji di Hall B Jakarta Convention Centre [JCC].

Sejatinya Pemerintah sangat mendukung penuh kegiatan DXI yang notabennya satu-satunya pameran bertaraf International yang menghadirkan konten penyelaman, kelautan, dan ekowisata di Indonesia. Sejak pertama digelar pada tahu 2007, DXI terus berkembang pesat hingga saat ini menjadi pameran menyelam terbesar di Asia. Pada tahun 2019, DXI mengusung tema Membangun Indonesia yang Bersih, Aman, dan Nyaman untuk Berwisata.

Pemerintah sangat mendukung penuh kegiatan Deep and Extreme yang notabennya satu-satunya pameran bertaraf International yang menghadirkan konten penyelaman, kelautan, dan ekowisata di Indonesia

Dalam kesempatannya Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi yang diwakili oleh Jonni Mardizal mengatakan, “Menteri Pemuda dan Olahraga Bp. Imam Nahrawi sangat mendukung kegiatan DXI 2019 ini, dan berharap cabang olahraga yang ada di dalam DXI, serta olahraga kelautan dan bahari dapat dikembangkan dengan baik. Menyelam merupakan salah satu cabang olahraga yang memerlukan keahlian dan keterampilan tertentu. olahraga selam kita akan tahu kekayaan alam di bawah laut kita. Maka diharapkan agar para pelaku selalu memperhatikan persayaratan dan aturan yang telah ditetapkan, sehingga dapat menjamin keselamatan dan keamananan dalam berolahraga.”

Komentar lain juga datang dari Ali Mochtar Ngabalin selaku Ketua Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia [POSSI] DKI Jakarta,” Saya sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada teman-teman dari Kemenpora yang telah dan terus memberikan support, juga dari Kemenpar yang juga dukung DXI dan komunitas pecinta olahraga selam, baik yang di Jakarta maupun daerah lain. Presiden memberikan penekanan luar biasa karena DXI merupakan bagian dari konservasi laut. Lebih dari 3 persen dari anggaran Kemaritiman sengaja dialokasikan dalam rangka konservasi dan wisata bahari”.

Pada tahun ini, pameran DXI 2019 diikuti oleh lebih dari 100 tenant dari dalam dan luar negeri. Sebagian besar peserta adalah peserta yang telah berpartisipasi di pameran ini sejak kali pertama digelar. Profil peserta antara lain destinasi pariwisata seperti dinas-dinas pariwisata di Indonesia terutama yang memiliki obyek wisata bahari dan wisata adventure, penyedia peralatan selam dan kegiatan outdoor, organisasi sertifikasi, institusi konservasi, taman nasional, jasa travel, hotel dan resort, sampai jasa perjalanan menggunakan kapal atau live aboard services yang tersebar dari Aceh hingga Papua.

Salah satu aktivitas lain yang akan dinantikan oleh para pengunjung adalah, aktivitas seminar nasional. Dalam seminar ini seluruh pengunjung dapat belajar banyak tentang alam yang ada di Indonesia, tentang tokoh atau inspirasi hidup, dan belajar banyak tentang olahraga petualang.

Text & Photos : Bambang Vidiatmoko / eXtremeINA.com

Deep and Extreme Indonesia [DXI] 2019 telah sukses diselenggarakan pada tanggal 4 hingga 7 April.

READ MORE

JAKARTA – eXtremeINA.com     Hari ini Kamis [04/04] pameran Selam dan Petualangan bertaraf Internasional bertajuk Deep and Extreme Indonesia 2019 akan resmi dimulai. Kegiatan ini akan tersaji di Hall B Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat.

Dari pertama kali digelar pada tahun 2007, Deep and Extreme Indonesia merupakan acara yang sangat dinantikan oleh pecinta diving, petualangan outdoor, para penggiat olahraga air dan pelaku wisata karena selalu menampilkan berbagai variasi produk dan paket-paket destinasi petualangan outdoor baik di laut maupun daratan. Pengunjung memanfaatkan acara ini untuk mendapatkan harga spesial berbagai peralatan selam, aktivitas alam, olahraga air, olahraga ekstrem, peralatan fotografi, gadget, aksesories dan pendukung aktivitas perjalanan wisata sampai kegiatan outdoor.

Tahun ini, pameran Deep & Extreme Indonesia 2019 diperkirakan akan diikuti oleh lebih dari 100 tenant dari dalam dan luar negeri. Sebagian besar peserta adalah peserta yang telah berpartisipasi di pameran ini sejak kali pertama digelar. Profil peserta antara lain destinasi pariwisata seperti dinas-dinas pariwisata di Indonesia terutama yang memiliki obyek wisata bahari dan wisata adventure, penyedia peralatan selam dan kegiatan outdoor, organisasi sertifikasi, institusi konservasi, taman nasional, jasa travel, hotel dan resort, sampai jasa perjalanan menggunakan kapal atau live aboard services yang tersebar dari Aceh hingga Papua.

Salah satu aktivitas lain yang akan dinantikan oleh para pengunjung adalah, aktivitas seminar nasional. Dalam seminar ini seluruh pengunjung dapat belajar banyak tentang alam yang ada di Indonesia, tentang tokoh atau inspirasi hidup, dan belajar banyak tentang olahraga petualang. Ajang Deep and Extreme Indonesia 2019 ini hanya satu tahun sekali digelarnya, maka bagi kalian yang ingin mendapatkan diskon menarik untuk barang-barang outdoor serta aktivitas lainnya di acara ini jangan sampai kelewatan, catat waktu dan tempatnya. Deep and Extreme Indonesia 2019 akan berlangsung hingga hari Minggu [07/04] mendatang.

Text               : Bambang Vidiatmoko

Photo            : Deep and Extreme Indonesia 2019

Pameran Selam dan Petualangan terbesar Indonesia mulai hari ini dibuka berlangsung hingga pekan ini.

READ MORE

eXtremeINA.com  Sejatinya Motor Trail adalah motor yang berbeda dibanding dengan moto-motor pada umumnya. Motor Trail ini telah didesain khusus untuk melewati medan-medan berat, terjal, melintasi pegunungan, dan kontur jalan lainnya. Ciri pada kendaraan Motor Trail ini terdapat pada Ground Clerence yang tinggi, Torsi yang besar untuk memudahkan mendaki, memiliki Body yang sangat kokoh, dan Top Speed cukup rendah. Selain itu ban yang digunakan pada Motor Trail ini juga didesain khusus dengan kembang-kembang yang kasar.

Istilah Dalam Olahraga Motor Trail_feature (3)

Berkendara Motor Trail memang sangat menyenangkan, karena adrenalin pelakunya dapat terpacu sambil berwisata. Namun bagi para pemula tidak bisa sembarangan berkendara, mereka harus bertanya dengan ahlinya mengenai safety gear, cara melintasi jenis-jenis rintanga, dan mengenal banyak istilah dalam olahraga otomotif yangs satu ini. Berikut adalah penjelasan tentang Istilah-Istilah dalam olahraga Motor Trail :

Block Pass. Block Pass merupakan istilah yang biasa digunakan ketika ada pembalap yang menyalip pembalap lain secara agresif dan sampai menjatuhkan pembalap di depannya.

Brake Check. Brake Check adalah istilah yang menggambarkan trik pembalap yang berusaha menjatuhkan pembalap lain tepat di belakangnya.

Braapp-Braapp. Merupakan istilah ketika pembalap tengah merasa good mood, onfire, atau kurang lebih seperti itu.

Istilah Dalam Olahraga Motor Trail_feature (4)

Cased. Cased merupakan istilah yang digunakan bagi seorang pembalap yang tidak dapat mencapai landing ketika melakukan aktraksi jumping. Baik atraksi jumping yang dilakukan pada double atau triple jumping.

Chaped Out. Chaped Out adalah istilah yang digunakan saat seorang pembalap tidak pernah mengurusi kendaraannya sendiri. Dalam hal ini pembalap yang dimaksud berarti termasuk cuek asal kendaraannya masih bisa hidup dan digunakan.

DNF. DNF adalah istilah dalam motor trail yang menggambarkan seorang rider yang tidak dapat tiba di finish.

Goon Riding. Goon Riding adalah istilah yang disematkan kepada pembalap yang bergaya ugal-ugalan saat mengendarai motor trilnya.

Holeshot. Merupakan istilah yang diberikan kepada pembalap yang saat start dan saat memasuki tikungan pertama menjadi posisi terdepan.

Istilah Dalam Olahraga Motor Trail_feature (2)

Lapper. Lapper adalah istilah bagi pembalap yang sudah overlap namun masih berupaya memacu motornya ketika akan disalip oleh pembalap nomer 1.

LCQ. Merupakan singkatan dari Last Chance Qualifier. Artinya merupakan kesempatan yang terakhir bagi pembalap untuk masuk final.

Pinned. Merupakan suatu istilah yang dalam bahasa gaul Indonesia disebut gasspoll.

Rutted. Istilah yang menggambarkan kondisi track amat gembur sehingga membuat kendaraan para pembalap terlihat garuk-garuk tanah saat melewati track tersebut.

Scrub. Scrub adalah istilah yang menggambarkan pembalap yang sedang berupaya rendah ketika melewati jumping.

Squid. Adalah istilah yang menggambarkan pembalap pemula yang masih ketara grogi lantaran baru kali pertama ikut balapan.

Istilah Dalam Olahraga Motor Trail_feature (1)

Step Up. Adalah track jumping dengan landing lebih tinggi dibanding awalan track pada jumping tersebut.

Supermini. Istilah untuk menyebut pembalap yang tampil terdepan ketika mengendarai motor dengan cc kecil 105 cc atau 85 cc.

Tearoffs. Tearoffs merupakan istilah yang menggambarkan kondisi menyapu debu yang menempel pada google pembalap ketika ontrack dengan gerakan seperti orang menangis.

Triple. Triple adalah istilah untuk pembalap yang melakukan satu kali lompatan 3 jumping terlewati.

Whip. Istilah ini mirip seperti scrup, hanya saja dilakukan di udara dengan keahlian setingkat pebalap profesional.

Whiskey Throttle. Merupakan istilah untuk pembalap yang saat start terlalu banyak memutar gas sehingga terlihat seperti pemabuk yang berusaha menyeimbangkan diri.

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : Berbagai Sumber

Istilah Dalam Olahraga Motor Trail.

READ MORE

JAKARTA – eXtremeINA.com    Di awal bulan 4-7 April 2019 nanti, pameran Selam dan Petualangan bertaraf Internasional bertajuk Deep and Extreme Indonesia 2019 akan kembali tersaji di Hall B, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat.

Dari pertama kali digelar pada tahun 2007, Deep and Extreme Indonesia merupakan acara yang sangat dinantikan oleh pecinta diving, petualangan outdoor, para penggiat olahraga air dan pelaku wisata karena selalu menampilkan berbagai variasi produk dan paket-paket destinasi petualangan outdoor baik di laut maupun daratan. Pengunjung memanfaatkan acara ini untuk mendapatkan harga spesial berbagai peralatan selam, aktivitas alam, olahraga air, olahraga ekstrem, peralatan fotografi, gadget, aksesories dan pendukung aktivitas perjalanan wisata sampai kegiatan outdoor.

Tahun ini, pameran Deep & Extreme Indonesia 2019 diperkirakan akan diikuti oleh lebih dari 100 tenant dari dalam dan luar negeri. Sebagian besar peserta adalah peserta yang telah berpartisipasi di pameran ini sejak kali pertama digelar. Profil peserta antara lain destinasi pariwisata seperti dinas-dinas pariwisata di Indonesia terutama yang memiliki obyek wisata bahari dan wisata adventure, penyedia peralatan selam dan kegiatan outdoor, organisasi sertifikasi, institusi konservasi, taman nasional, jasa travel, hotel dan resort, sampai jasa perjalanan menggunakan kapal atau live aboard services yang tersebar dari Aceh hingga Papua.

Salah satu aktivitas lain yang akan dinantikan oleh para pengunjung adalah, aktivitas seminar nasional. Dalam seminar ini seluruh pengunjung dapat belajar banyak tentang alam yang ada di Indonesia, tentang tokoh atau inspirasi hidup, dan belajar banyak tentang olahraga petualang. Ajang Deep and Extreme Indonesia 2019 ini hanya satu tahun sekali digelarnya, maka bagi kalian yang ingin mendapatkan diskon menarik untuk barang-barang outdoor serta aktivitas lainnya di acara ini jangan sampai kelewatan, catat waktu dan tempatnya.

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photo             : Deep and Extreme Indonesia 2019

Di awal bulan 4-7 April 2019 nanti, Deep and Extreme Indonesia 2019 akan kembali tersaji di Hall B, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat.

READ MORE
<