eXtremeINA.com

News

DKI Jakarta Mencari Atlet Skateboard

JAKARTA – eXtremeINA.com    Indonesia dalah salah satu negara dengan jumlah pecinta Skateboard yang cukup besar di dunia. Jika kita datang ke setiap penjuru Tanah Air, maka akan sangat mudah menemukan komunitas-komunitas Skateboard di sana. Perkembangan Skateboard dari tahun-ketahunya juga cukup baik, hal ini dibuktikan dengan semakin banyak anak muda yang mulai menggeluti olahraga ekstrem yang satu ini.

Di Indonesia sendiri telah berdiri sebuah induk organisasi bernama Indonesia Skateboarding Association [ISA], hadirnya mereka bertujuan untuk mewadahi para komunitas dan juga pecinta Skateboard di Indonesia. Pada beberapa waktu yang lalu DISPORA DKI Jakarta telah bekerja sama dengan ISA untuk menjalani program kerja Pembinaan Olahraga Prestasi Berkelanjutan [POPB], program ini adalah untuk mencari para Skateboarder muda dibawah usia 15 tahun asal Jakarta.

Tujuan seleksi atau pencarian atlet-atlet muda Skateboard asal Jakarta ini untuk mencari bakat terbaik yang nantinya akan diikutsertakan dalam beberapa kejuaraan tingkat Nasional, Internasional, dan juga kejuaraan Pekan Olahraga Nasional [PON] 2020 Papua. Walalupun cabang olahraga Skateboard belum pasti akan dipertandingkan dalam ajang PON 2020 Papua, namun DKI Jakarta melalui DISPORA dan ISA tetap fokus mempersiapkan tim yang kuat untuk merebut prestasi di kejuaraan tersebut.

Program seleksi POPB ini digelar di Universitas Jakarta, dan untuk gelombang pertama telah berlangsung pada tanggal 21-22 Januari 2019, dan ISA selaku penanggung jawa berhasil menemukan 2 atlet Skateboard potensial yang berhasil lolos pada tahap seleksi ini. Selanjutnya gelombang kedua kembali dilaksanakan pada tanggal 13-15 Februari 2019 lalu, dan berhasil menemukan 4 atlet potensial yang berhasil lolos seleksi. Sejatinya ada beberapa tahap seleksi yang harus dilalui para peserta diantaranya tes psikologi, tes tertulis, dan tes skill bermain Skateboard.

Berkat dua gelombang yang sudah terselenggara, maka DISPORA bersama dengan ISA telah mengantongi 6 nama atlet Skateboard asal DKI Jakarta. Namun bukan tidak mungkin gelombang ketiga akan kembali digelar, tergantung nanti kebutuhannya seperti apa. Dalam kesempatannya Ardy Polli selaku pelatih Skateboard dan pengurus PB Porserosi mengatakan, ”Enam atlet ini akan menjalani serangkaian kegiatan dan mereka akan diukur kemampuannya melalui peringkat berjalan. Seleksi memang saat ini sudah terhenti, namun bukan menutup kemungkinan akan ada seleksi gelombang kedua. Kita masih melihat kedepannya akan seperti apa kebutuhan atletnya.”

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : Berbagai Sumber

MORE News

COMMENTS

<