eXtremeINA.com

Features

Empat Dasar Yang Perlu Diketahui Para Surfer

eXtremeINA.com  Selain pentingnya mengenal dan mengetahui fungsi peralatan-peralatan yang digunakan saat bermain surfing, ada 4 [empat] pengetahuan dasar yang perlu diperhatikan oleh semua surfer apalagi surfer pemula. Indonesia memiliki kekaayan pantai yang eksotis dibanyak tempat untuk dijadikan lokasi bermain surfing. Hampir dibeberapa spot menjadi destinasi surfer-surfer dunia untuk menjajal kuatnya ombak-ombak yang ada di belahan Nusantara.

4 Pengetahuan Dasar Yang Perlu Diketahui Para Surfer_feature (1)

Untuk mengetahui 4 [empat] dasar dalam dunia surfing, dalam artikel ini akan dijelaskan secara terperinci.

  1. Mengerti karakter ombak, fenomena ini sangat penting bagi seorang pemula, jika ingin benar-benar merasakan kenikmatan saat bermain Surfing hal dasar mengerti karakter ombak sangat menjadi kunci utamanya. Untuk mengetahui karakter ombak seorang Surfer harus mengetahui letak air yang dangkal dan dimana letak karang-karang. Jika kita mengetahui kedua hal tersebut maka kita juga akan terhindar dari hal-hal yang membuat cedera parah. Lihatlah kearah luar dari ombak dengan teliti, lalu lihatlah kearah arus, dan terakhir, tahu di mana ombak akan pecah dan bagaimana ombak pecah. Biasanya ada yang ke kiri atau ke kanan, atau ada yang pecah mengarah ke duanya.

4 Pengetahuan Dasar Yang Perlu Diketahui Para Surfer_feature (2)

  1. Paddle Out, posisikan diri anda agak jauh dari surfer-surfer lain, pastikan aman dari karang, dan ambil ombak dari sisi bawah. Saat surfing hal yang harus dipahami Bobyboarding, gerakan kaki seperti tendangan katak, dan gerakan tangan hingga ada diatas ombak siap pecah serta meluncur deras ke bawah. surfing menggunakan longboard atau softboard tetap memerlukan usaha, karena pada umumnya akan mengandalkan dada untuk menangkap ombak yang sempurna, selain itu surfer harus mengangkat kepala dan gerakan kaki serta tangan secara bersamaan. Stand up paddle boarding, secara teori lebih mudah menangkap ombak, namun agak sulit untuk kembali pada pusat ombak. Untuk menangkap ombak harus menggerakan dayung kiri dan kanan secara terus menerus hingga pada saatnya poin ombak pecah.
  1. Choose a Direction, ketika kamu di atas ombak kamu harus memutuskan secepat kilat kemana kamu kana bergerak kanan atau kiri, jika menggunakan bodyboard, kamu hanya butuh memiringkan badah dan tangan memegang bagian tengah ujung bodyboard. Jadi jika belok kanan maka tangan kanan di memegang ujung tengah dan tangan kiri memegang railing dekat dengan badan, badan agak di sandarkan ke kanan seiring mengikuti laju ombak. begitupun sebaliknya. Surfing papan selancar kecil agak sulit untuk manuver, ketahui dulu di mana posisi kakimu, goofy atau reguler. Maksudnya goofy adalah kaki kanan di depan dan kaki kiri jadi tumpuan, reguler kaki kanan jadi tumpuan untun manuver dan pivot ombak. Ingat untuk lebih rilek di atas ombak, karena ini agak komplek ketika di atas air, jauh berbeda dengan teori di darat. Paddle boarding setelah terasa papan melaju di depan ombak, tinggal condongkan badan ke arah.

4 Pengetahuan Dasar Yang Perlu Diketahui Para Surfer_feature (4)

  1. Catch a Wave, untuk menangkap ombak kamu membutuhkan usaha lebih dengan cara menyeimbangkan badan, papan dan ombak, pastikan waktu dan gerakaan tubuh seimbang dan beriringan di depan ombak penghantar. Ketika kamu di depan ombak cara bodyboard, surfboard dan SUP board relative sama.

4 Pengetahuan Dasar Yang Perlu Diketahui Para Surfer_feature (3)

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : Berbagai Sumber

MORE Features

COMMENTS

<