eXtremeINA.com

Profile

Gemala Hanafiah, Memperkenalkan Pantai Indonesia dengan Surfing

eXtremeINA_Gemala_Hanafiah_profile (1)JAKARTA – eXtremeINA.com           Gemala Hanafiah dikenal sebagai seorang presenter TV. Sejak tahun 2000 Ketertarikan Al (panggilan akrab) pada surfing sejak tahun 2000, bermula pada saat dia berlibur di Pangandaran Batu Karas Jawa Barat, dan mencoba untuk bermain surfing serta diajari oleh beberapa temannya disana. Papan pertama yang dipakainya pun dipinjamkan dari salah satu teman nya asal Bandung.

Al juga Seorang blogger yang mempunyai hobi Yoga dan  membaca. Saat ini dia menjadi presenter Pemburu Ombak yang tayang disalah satu stasiun TV swasta, Al juga sedang menyelesaikan bukunya yang berjudul Pemburu Ombak. Buku tersebut akan menceritakan perjalanan surfing-nya di Indonesia dan sekaligus memperkenalkan pada masyarakat bahwa Indonesia adalah surganya surfer .

Sebelum bermain surfing Gemala Hanafiah sempat berlatih bela diri Kempo dan Taekwondo, dia terinspirasi oleh Chinmi Kungfu Boy, untuk surfing sama sekali tidak ada yang menginspirasinya, Al membuktikan dengan latihan yang rajin dan terus menerus bisa bermain surfing dengan baik dan bisa mengharumkan nama Indonesia.

eXtremeINA_Gemala_Hanafiah_profile (5)Walaupun harus melanggar larangan ibunya untuk bermain surfing dengan alasan  takut kulitnya terbakar, Al juga sering mengalami kecelakaan kecil dengan menabrak karang hingga kukunya robek. Al tetap menikmati surfing dengan merasakan dahsyat nya ombak-ombak cantik di Indonesia. Dari sekian banyak pantai-pantai yang cukup menantang untuk bermain surfing Al sangat menyukai spot yang berada di Mentawai, ujar perempuan kelahiran Balikpapan, 7 Maret 1980 ini.

eXtremeINA_Gemala_Hanafiah_profile (2)Papan pertamanya dia dapat pada tahun 2001 yang diberikan oleh kekasihnya sebagai kado ulang tahunnya yang ke 21. Perempuan berdarah Manado, Ambon, Madura, dan Aceh ini sudah mempunyai banyak prestasi yang sudah dicapinya dalam surfing baik kategori nasional maupun Internasional, juara ke 3 ISC (Indonesia Surfing Competition) Quiksilver Pro Keramas Bali tahun 2010, Juara 1 Occy’s Grom Comp Billabong Cherating Malaysia tahun 2010, Juara 4 ASC (Ripcurl Surf and Music Festival Halfway Bali tahun 2011, juara 3 ASC Quiksilver Pro Thailand tahun 2011, Juara 4 ASC Ripcurl Surf and Music Festival Halfway Bali tahun 2012, Juara 4 ASC Quiksilver Pro Thailand tahun 2012, dan yang teranyar dia berhasil mendapatkan juara ke 3 di ajang ASC (Asian Surfing Competition) West Java Quiksilver Pro pada tahun 2013.

eXtremeINA_Gemala_Hanafiah_profile (3)Roxy Indonesia menjadi sponsor pendukungnya dalam surfing, namun dia tidak untuk ikut dalam kejuaraan. Al hanya mengenalkan surfing ke masyarakat Indonesia dan dunia bahwa olahraga air ini sudah menjadi lifestyle dan sekaligus memperkenalkan bahwa Indonesia mempunyai pantai cantik dengan ketinggian ombak yang berbeda-beda dan dapat digunakan setiap saat.

Menurutnya, perkembangan surfing di Indonesia semakin berkembang. Sudah semakin banyak surfer-surfer muda dengan skill bagus bermunculan, terutama di Bali, karena Bali menjadi pusat surfing Indonesia. Al juga berharap masyarakat Indonesia semakin sadar bahwa Indonesia memiliki kekayaan pantai yang patut di banggakan, serta dapat turut dalam menjaga kebersihan dan melestarikannya agar dapat menjadi aset bangsa Indonesia.

Text      : Bambang Vidiatmoko

Photo’s : Bara Cahya & Courtesy of Gemala Hanafiah

MORE Profile

COMMENTS

<