eXtremeINA.com

Profile

Hamy Pratama: Parkour for Life

eXtremeINA.com  Idham Khalid Adi Pratama atau yang akrab dipanggil Hamy Pratama adalah seorang atlet profesional Parkour Indonesia. Lahir pada tanggal 15 Maret 1994, dirinya tertarik dengan olahraga Parkour saat melihat aksi aktor ternama Jackie Chan Style saat melakukan aksi seni bergeraknya. Hamy mengenal Parkour melalui sahabat dekatnya waktu saat duduk di bangku SMP, dan dirinya mulai menggeluti olahraga Parkour ini sejak tahun 2008.

Saat memulai awal karirnya di dunia Parkour, Hamy tidak mendapatkan dukungan dari keluarganya, mengingat Parkour adalah salah satu olahraga yang cukup extreme. Namun seiring berjalannya waktu keluarga mulai mendukung Hamy untuk terus berjuang sebagai atlet Parkour, keyakinan ini Hamy berikan kepada keluarga dalam bentuk prestasi yang cukup gemilang.

Mulai dari Best Trick Freestyle Contest Singapore Lion City Parkour Challenge 2015, juara 1 Pro Freestyle Contest Levis’s Parkcool Challenge Indonesia 2015, Best Trick Pro Freestyle Contest Parkour Festival Surabaya Indonesia 2016, juara 1 Pro Freestyle Contest Parkour Festival Surabaya Indonesia, Juara 1 Pro Speed Contest Parkour Festival Surabaya Indonesia 2015, juara 3 Group Performance Parkour Festival Surabaya Indonesia 2017, Best Trick Pro Freestyle Contest Parkour Festival Surabaya Indonesia 2017, juara 1 Pro Freestyle Parkour Festival Surabaya Indonesia 2017, juara 2 Pro Speed Contest Parkour Festival Surabaya Indonesia 2017, juara 4 Group Performance Parkour Festival Surabaya Indonesia 2017, dan masih banyak prestasi lainnya.

Sebagai salah satu atlet Parkour terbaik Indonesia, Hamy pernah mengalami cedera berat disloc persendian siku. Namun dengan tekad dan kecintaannya terhadap olahraga Parkour dirinya tidak kapok dan terus bermimpi untuk terus meraih banyak prestasi. Walaupun Parkour sudah menjadi bagian dari hidupnya, namun dirinya mengaku sangat ingin menjajal olahraga extreme lainnya seperti Skydive, Downhill MTB, dan juga Skateboard.

Hamy pun sangat memperhatikan betul akan perkembangan olahraga Parkour di Indonesia yang menurutnya, Perkembangan Parkour di Indonesia kian tumbuh dengan pesat, dari Sabang hingga ke Merauke di tiap kota terdapat komunitas Parkour. Untuk di wilayah Bekasi saja terdapat 3 komunitas Parkour berbeda. Namun perkembangannya belum diiringi oleh dukungan yang serius dari Pemerintah Pusat ataupun Daerah.

Sejauh ini Hamy sendiri masih merasakan untuk mengikuti kejuaraan Parkour tingkat Internasional dirinya harus menggunakan dana pribadi ataupun dana sponsor yang melekat dengannya. Hamy pun beranggapan ada beberapa kemungkinan Pemerintah belum mendukung olahraga Parkour di Indonesia, yang pertama mungkin Pemerintah belum mengetahui tentang olahraga Parkour, yang kedua Pemerintah belum mengetahui bahwa ada komunitas serta atlet Parkour yang sudah cukup berprestasi di kancah Internasional seperti layaknya Hamy.

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : dok. Hamy Pratama

Edited by      : Ihsan Rizaldi Raz

MORE Profile

COMMENTS

<