eXtremeINA.com

News

Kabupaten Pesisir Barat, Sebagai Destinasi Olahraga Surfing

JAKARTA – eXtremeINA.com    Kabupaten Pesisir Barat merupakan kabupaten yang terletak di Provinsi Lampung dengan Ibukota Krui, jarak menuju Kabupaten Pesisir Barat sekitar 230 km dari Bandara Raden Intan II Beranti, Bandar Lampung atau ditempuh sekitar 5 -7 jam perjalanan darat. Kabupaten Pesisir Barat merupakan Kabupaten yang memiliki garis pantai terpanjang di Provinsi Lampung sepanjang 210 Km mulai dari Lemong sampai Tanjung Belimbing dengan banyak titik area surfing.

tanjung-setia-surfing-illustration-(2)

Salah satu yang sudah dikenal dan dikunjungi oleh ribuan wisatawan asing setiap tahunnya adalah Pantai Tanjung Setia di Kecamatan Pesisir Selatan. Pantai Tanjung Setia menjadi salah satu dari 10 nominasi tempat berselancar terpopuler Anugerah Pesona Indonesia 2016. Kawasan Pantai Tanjung Setia sangat representatif untuk diadakannya perlombaan selancar tingkat nasional maupun internasional. Kompetisi surfing juga dilaksanakan setiap tahun di pantai tersebut, baik yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat atau Pemerintah Provinsi Lampung.

tanjung-setia-surfing-illustration-(4)

Musim selancar umumnya berlangsung mulai April hingga Oktober. Selain Pantai Tanjung Setia juga terdapat sejumlah titik area surfing antara lain Pantai Mandiri, Pantai Way Jambu, dan Pantai Labuhan Jukung. Untuk mencapai Pantai Tanjung Setia dari Bandar Lampung, akses jalannya sangat baik, karena melewati jalan lintas barat menuju Provinsi Bengkulu. Setelah sukses Krui Open 2017 lalu, Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat akan menyelenggarakan kembali kejuaraan surfing tingkat Internasional dengan Qualifying Series yang lebih tinggi yaitu Krui Open 2018 QS1500 Men’s and QS1000 Women’s Surfing Competition, pada tanggal 15-20 April 2018.

Krui-Open-2018

Kejuaraan Surfing ini dapat terselenggara berkat gagasan dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat Lampung World Surf League [WSL], Asian Surfing Championship [ASC] dan Persatuan Selancar Ombak Indonesia [PSOI].

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : Berbagai Sumber

MORE News

COMMENTS

<