eXtremeINA.com

Features

Kelas Dipertandingkan dalam Rally Dakar

eXtremeINA.com  Pada umumnya reli sangat identik dengan kejuaraan balap mobil, namun untuk Dakar terdapat empat kelas kendaran yang dipertandingkan yaitu mobil, truck, motor, serta quad bike. Ajang balap yang digagas oleh Amaury Sport Organization [ASO] ini juga memiliki beberapa regulasi yang wajib dipenuhi oleh pesertanya, untuk ajang balap mobil kelas tersebut harus memiliki bobot kurang dari 3.500 kg atau setara dengan 7.716 pounds. Untuk kelas mobil pihak penyelenggara membagi dalam beberapa kelas yaitu T1, T2, T3, dan Open.

Mengenal Kelas Dipertandingkan Dalam Rally Dakar_feature (1)

Mobil peserta yang bisa masuk untuk dipertandingkan dalam group T1 [improve Cross Country Vehicle] adalah mobil yang disesuaikan dengan tipe mesin yaitu bensin atau diesel, serta bisa menggunakan dua penggerak ataupun empat penggerak. Untuk group T2 [Cross Country Series Production Vehicle] terbagi dalam kategori bensin dan diesel. Untuk group T3 pihak penyelenggara mewajibkan kendaran dengan bobot riangan, dan untuk group open kendaran yang disesuaikan serta diatur dengan regulasi Score.

Mengenal Kelas Dipertandingkan Dalam Rally Dakar_feature (1)

Selanjutnya adalah kelas Truk, kendaraan ini awalnya tidak masuk dalam balap Rally Dakar, namun pada tahun 1980 ASO selaku pihak penyelenggara memasukan kelas truk menjadi satu ajang balap Dakar. Namun untuk memberikan keseragaman terhadap peserta, ASO tetap memberikan spesifikasi atau regulasi kendaraan truk yang boleh dipertandingkan. Spesifikasi yang pertama adalah, truk harus memiliki bobot diatas 3.500kg atau setara dengan 7.716 pounds. Untuk kelasnya sendiri dibagi menjadi dua group yaitu T4.1 yang merupakan kelas untuk seri produksi, dan T4.2 merupakan kelas truk dengan sentuhan modifikasi.

Mengenal Kelas Dipertandingkan Dalam Rally Dakar_feature (2)

Selanjutnya adalah kelas Quadbike, pada tahun 2009 kelas ini masuk kedalam subdivisi motor. Namun dengan pertimbangan yang matang dari pihak penyelenggara kelas Quadbike menjadi kelas terpisah. Quadbike sendiri juga memiliki beberapa kategori yaitu G3.1 dengan spesifikasi mesin silinder tunggal berkapasitas maksimal 750cc, untuk G3.2 memiliki rincian dengan kapasitas mesin maksimal 900cc baik dalam satu tata letak silinder ataupun twin.

Mengenal Kelas Dipertandingkan Dalam Rally Dakar_feature (3)

Kelas terakhir yang diperlombakan dalam balap Rally Dakar adalah kategori motor. Sama seperti dengan kelas-kelas lainnya, pada kelas motor ini memiliki beberapa kategori yang pertama elite group1 dan non-elite group 2. Khusus untuk elite boleh dilakukan modifikasi pada kendaraanya. Sementara untuk group non-elite tidak diperbolehkan melakukan penggantian komponen mesin yang meliputi silinder, head cylinder, frame, frok, serta swing arm. Semua kendaraan motor yang mengikuti kelas ini harus memiliki kapasitas mesin 450cc, baik itu untuk kelas elite dan non-elite.

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : Berbagai Sumber

 

#dirt #extremeina #extremeinadotcom #extremesports #extremesportsindonesia #indonesia #dakar #race #racing #rally #rallydakar #offroad

MORE Features

COMMENTS

<