eXtremeINA.com

News

Kenapa Surfing Dicoret dari Asian Games 2018?

JAKARTA – eXtremeINA.com    Surfing adalah salah satu cabang olahraga yang rencananya akan dipertandingkan dalam Kejuaraan multi event sekelas Asian Games 2018, pada bulan Agustus mendatang. Namun pada kenyataanya salah satu cabor yang diprediksi kuat meraup medali emas dalam ajang tersebut harus pupus lantaran dicoret dari keikutsertaannya.

Kenapa Surfing di Coret Dari Asian Games 2018_news (2)

Banyak yang bertanya mengadapa dan alasannya apa cabang olahraga Surfing dicoret dalam Asian Games 2018. Seperti yang diutarakan oleh Arya Subyakto selaku president Persatuan Selancar Ombak Indonesia [PSOI] saat ditemui dalam acara Deep & Extreme Indonesia 2018 di kawasan JCC, ”Kami bertanya-tanya dan ini menjadi pertanyaan banyak orang yang tidak terjawab, mengapa Surfing dicoret dari kejuaraan Asian Games 2018. Padahal jika Surfing masuk dalam Asian Games 2018, kami yakin atlet Surfing Indonesia mampu meraih medali emas dari nomor Men Shortboard dan Men Longboard, sementara untuk Women Shortboard kami masih memprediksi atlet Indonesia akan berada di tiga besar perolehan medali.”

eXINA-Deep-Extreme-2018_gallery-pt2-(9)

“Sangat disayangkan sekali Surfing gagal masuk ke Asian Games 2018. Padahal untuk membangun skuad timnas Surfing Indonesia yang kuat tidak perlu butuh budget yang banyak, hal ini dikarenakan atlet Surfing Indonesia sudah berada di jajaran top Surfer dunia, semisal Rio Waida yang menjadi juara WSL regional Asia tahun 2017, Darma Putra Tonjo yang sukses megalahkan mantan juara dunia asal Brazil Adriano De Souza, Dede Suryana yang juga pernah merasakan manisnya gelar juara Asia, dan pastinya masih banyak yang lainnya. Disisi lain atlet Surfer Indonesia ini kebanyakan tinggal di pesisir pantai, dengan kata lain Pemerintah tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa penginapan,” tambah Arya.

Kenapa Surfing di Coret Dari Asian Games 2018_news (1)

Menurut Arya Subyakto yang juga dikenal sebagai legenda Surfing Indonesia mengatakan, kabar isu dicoretnya cabor Surfing dari Asian Games 2018 ini didapat setelah Wakil Presiden Jusuf Kalla mengadakan rapat dengan INASGOC guna membahas persiapan Asian Games 2018. Rencana petinggi olahraga Surfing di Indonesia ini, jika saja cabor Surfing masuk ke dalam Asian Games 2018 maka ini adalah bentuk penilaian dan tonggak ukur peta kekuatan calon lawan Indonesia dalam kejuaraan Olimpiade yang akan tersaji di Tokyo, Jepang pada tahun 2020 mendatang. Semoga Indonesia masih dapat peluang besar untuk mengirimkan atlet Surfing terbaiknya untuk mengikuti ajang olahraga terbesar itu.

Kenapa Surfing di Coret Dari Asian Games 2018_news (3)

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : Bambang VidiatmokoBerbagai Sumber

MORE News

COMMENTS

<