eXtremeINA.com

Features

Kiat Berolahraga Saat Berpuasa

eXtremeINA.com  Bagi kalian pecinta olahraga ekstrem di Tanah Air, tidak ada salahnya melakukan olahraga tersebut saat menjalankan ibadah puasa. Namun alangkah baiknya jika olahraga ekstrem yang digeluti dapat dimainkan diwaktu yang tepat saat kondisi tubuh benar-benar fit dan tidak dalam keadaan lemas, berikut adalah tips berolahraga saat menjalankan ibadah puasa:

Tips Berolahraga saat Menjalankan Ibadah puasa_feature (2)

Memilih Waktu Olahraga yang perlu diperhatikan

Saat anda berpuasa, daya tahan tubuh berbeda ketika tidak berpuasa. Untuk melakukan olahraga ketika berpuasa, anda bisa memilih waktu, bisa di pagi hari, sore, atau bahkan malam hari. Tetapi hindari berolahraga ketika akan tidur, agar tubuh Anda memiliki kesempatan untuk beristirahat.

Bila anda memilih pagi hari untuk berolahraga, jangan melakukan olahraga yang sifat dan intesitasnya berat. Karena, jika anda melakukan olahraga yang berat tentunya akan mengalami kelelahan dan membuat dehidrasi yang akan mengakibatkan ibadah puasa anda menjadi terganggu.

Olahraga di sore ketika berpuasa, bisa anda lakukan kurang lebih 30 menit sebelum berbuka. Bila Anda ingin berolahraga di malam hari, hendaknya lakukanlah 2 jam setelah berbuka puasa. Meski demikian, waktu yang terbaik untuk berolahraga di bulan puasa adalah sore hari menjelang berbuka atau pagi hari setelah sahur. Olahraga yang dilakukan mendekati waktu tidur sebaiknya dihindari. Hal ini bertujuan untuk memberi kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat.

Memilih Tempat Olahraga

Olahraga yang baik dilakukan saat puasa yaitu olahraga di tempat yang sejuk. Jika olahraga dilakukan di area terbuka, lakukan di bawah pepohonan dan kawasan yang sejuk. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari kelelahan dan muncul rasa haus yang berlebih.

Tips Berolahraga saat Menjalankan Ibadah puasa_feature (3)

Memilih Olahraga Yang Tepat

Ada tiga hal yang harus diperhatikan ketika melakukan olahraga di bulan puasa, termasuk saat melakukan olahraga ekstrem. Ketiga hal tersebut adalah beban, volume, dan durasi. Kondisi tubuh yang berbeda ketika puasa dibanding tidak berpuasa, sebaiknya Anda mengurangi ketiga hal tersebut. Tujuannya agar tubuh Anda tetap pada kondisi yang aman ketika berolahraga saat berpuasa. anda bisa memilih jenis olahraga low impact exercise ketika berpuasa.

Memperhatikan Asupan Nutrisi

Satu hal ini sangat penting untuk Anda perhatikan. Anda wajib menjaga dan mengatur asupan nutrisi ketika sahur dan berbuka puasa. Supaya metabolisme pada tubuh Anda tetap terjaga dan juga tetap memungkinkan Anda untuk melakukan olahraga meskipun sedang berpuasa. Meski demikian, jangan sampai berlebihan dalam hal asupan makanan.

Manfaat Olahraga Saat Berpuasa_feature (2)

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : eXtremeINA.com

MORE Features

COMMENTS

<