eXtremeINA.com

Profile

Kiat Sukses Puji Lestari Untuk Pemanjat Pemula

JAKARTA – eXtremeINA.com    Puji Lestari adalah atlet Panjat Tebing wanita asal Jakarta yang telah sukses meraih banyak prestasi di kancah Internasional. Prestasi terakhir yang ia dapat di kejuaraan Panjat Tebing tingkat Internasional adalah meraih medali emas kategori grup pada nomor lomba Women’s Speed World Record Relay dan peraih medali perak kategori individu pada nomor lomba Women’s Speed Individual pada Asian Games 2018.

Saat ini Puji Lestari sedang tidak aktif dari olahraga Panjat Tebing, karena dirinya telah disibukkan dengan pekerjaan barunya sebagai pegawai negeri dengan jabatan Staff Ahli di Kementrian Pemuda dan Olahraga [KEMENPORA]. Pekerjaan sebagai pegawai negeri ini didapatnya atas hasil kerja kerasnya meraih medali di Asian Games 2018. Walaupun tidak aktif sebagai atlet Panjat Tebing, Puji Lestari mengaku masih sering berkunjung ke beberapa spot Panjat Tebing di Jakarta untuk melihat anak-anak muda berlatih memanjat.

Sejatinya Federasi Panjat Tebing Indonesia [FPTI] DKI Jakarta tengah mempersiapkan tim untuk diikutsertakan dalam Pekan Olahraga Nasional [PON] 2020 Papua, dan Puji dikabarkan harus absen membela provinsinya. “Saya saat ini tengah vakum sebagai atlet Nasional, namun kegiatan memanjat saya masih saya lakukan dengan berkunjung ke beberapa spot untuk melihat anak-anak muda berlatih dan berkompetisi. Memang saya belum pasti akan ikut di PON 2020 Papua untuk membela tim DKI Jakarta atau tidak, namun jika saya kangen serta rindu akan atmosfer berkompetisi saya akan ikut serta. Kita lihat nanti ke depannya akan seperti apa.”

Walaupun sarana dan prasarana Panjat Tebing di Indonesia belum banyak yang memenuhi standar internasional, karena hanya ada di Jakabaring, Palembang, yang memenuhi standar internasional namun Puji Lestari menilai olahraga Panjat Tebing ini sudah cukup berkembang. Salah satu buktinya adalah semakin banyaknya anak muda di berbagai belahan nusantara yang mulai menggeluti olahraga Panjat Tebing.

Mungkin hal ini disebabkan dengan suksesnya para atlet Panjat Tebing Indonesia di Asian Games 2018. Sebagai atlet yang penuh dengan prestasi, Puji Lestari memberikan kiat atau pesan kepada anak-anak muda yang baru menggeluti dunia olahraga Panjat Tebing, “Sebagai pemula di olahraga Panjat Tebing, kalian harus sering-sering berlatih, bertanya kepada senior, jangan pernah takut untuk bermimpi, usaha dan kerja keras lampaui batas ambang kalian serta berdoalah.”

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : dok. Puji Lestari

MORE Profile

COMMENTS

<