eXtremeINA.com

News

KMPA Eka Citra Menjelajah Tanah Sumatra

JAKARTA – eXtremeINA.com     KMPA Eka Citra UNJ telah sukses menggelar kaderiasi anggotanya dengan kegiatan Ekspedisi Citra Bestari [ECB] di Tanah Sumatra. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 11 hingga 27 Agustus 2017, dan sejatinya kegiatan ini dibagi menjadi dua tim. Yang dimana tim pertama mengadakan ekspedisi pendakian di Gunung Leuser TNGL, Desa Kedah kab. Gayo Lues, Aceh. Sementara untuk tim kedua melaksanakan penelurusan di Gua kawasan Karst Krui, Pekon Desa Pahmungan, Provinsi Lampung.

KMPA EKA CITRA UNJ Menjelajah Tanah Sumatera_news (1)

Untuk meraih kesuksesan dalam ekspedisi ini, seluruh tim dibekali ilmu pemetaan, dokumentasi, sosial pedesaan, dan medis perihal kesehatan. Pada tim kedua ini diperkuat oleh Aulia Septiyaningrum selaku Ketua tim, Ade Irna Sumantri selaku Oprasional Kegiatan, Dian Mardiana selaku pengurus Konsumsi, Evi Herawati selaku tim kesehatan, Hamdan Fauzi selaku tim perlengkapan, Ihab Yazid selaku Humas Publikasi dan dokumentasi, Indra Komara selaku tim perizinan akomodasi dan transportasi, Satria Wahyu Budiwati selaku tim konsumsi, Subhan Paldana Putra tim Perlengkapan, dan Mardhika Ekaputra selaku pendamping.

Dalam kesempatannya Ketua Pelaksana Aulia Septiyaningrum mengatakan, “Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai langkah awal untuk mencintai Tanah Air tanpa batasan. Pekon Pahmungan ini dikelilingi oleh hutan damar yang mendominasi repong atau kebun sebagai sumber utama pencarian masyarakat lokal. Dalam kegiatan ini tim Ekspedisi Citra Bestari melakukan eksploitasi serta pemetaan gua medan yang bersifat horizontal, gua nerupakan tempat bersembunyinya orang-orang terdahulu atau nenek moyang dari penjajahan kolonial Belanda dan Romusha Jepang bagi masyarakat krui.”

KMPA EKA CITRA UNJ Menjelajah Tanah Sumatera_news (2)

Tim ekspedisi menggunakan metode pemetaan dengan Top to Bottom [dari awal mulut gua sampai dasar stasiun akhir]. Selama sembilan hari tim Ekspedisi telah memetakan sebanyak 6 gua, dari 13 gua yang telah ditemukan. Dengan jumlah seluruh pemetaan mencapai 2.085 m, terdiri dari Gua Buyung, Gua Tenuk, Gua Tai Gara, Gua Kubu, Gua Kungki, dan Gua Ramdo. Hasil eksplorasi gua sebagai habitat berkembang biak hewan seperti udang, ular, kodok, kelelawar, kelabang, jangkrik, dan burung walet.

Selain itu Tim Ekspedisi Citra Bestari melakukan marking setiap entrance [pintu masuk] gua yang ditemukan menggunakan GPS, dari seluruh data yang diperoleh akan di arsipkan sebagai ilmu pengetahuan speleologi Indonesia di masa datang ucap Aulia selaku ketua tim. Tim ekspedisi melakukan proses Eksplorasi dan Pemetaan Gua Kawasan Karst Krui Bertepatan dengan Dirgahayu Indonesia Ke-72 yang dilakukan tim adalah pengibaran bendera sang saka di chamber Gua Buyung, di waktu lain tim melakukan Tridharma Perguruan Tinggi pada tanggal 22 – 26 Agustus 2017 melaksanakan sosial pedesaan untuk melihat kearifan lokal budaya sekitar, dan dilanjut bakti pendidikan di SD Negeri Pahmungan dengan memberi materi Cinta Tanah Air dan Ilmu Pengetahuan Alam [IPA] yang diharapkan setiap anak bangsa dapat berkarya dengan menjadi seorang petualang.

KMPA EKA CITRA UNJ Menjelajah Tanah Sumatera_news (3)

Di akhir kegiatan tim ekspedisi memaparkan hasil eksplorasi kepada Peratin [kepala desa] Pekon Pahmungan, dan memberi softcopy dokumentasi gua kawasan Karst Krui. Dengan begitu, masyarakat Pekon Pahmungan mengetahui keindahan dalam perut bumi yang terbentuk secara alamiah.

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : KMPA Eka Citra / Ekspedisi Citra Bestari

MORE News

COMMENTS

<