eXtremeINA.com

News

KSSB Surf Competition, Bentuk Dukungan Pemda Setempat pada Surfing

PADANG – eXtremeINA.com    Akhir pekan lalu tepatnya di tanggal 23-24 Maret 2019, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Padang bekerja sama dengan Persatuan Selancar Ombak Indonesia [PSOI] Pengprov Sumatera Barat telah sukses menggelar KSSB Surfing Competition, Walikota Cup 2019. Kompetisi durfing ini digelar di Pantai Ujuang Batu, Pasie Nan Tigo, Muaro Penjalinan.

Walaupun di Padang ini sering diadakan kompetisi surfing, namun ini adalah tahun pertama Pemerintah daerah mensupport penuh kegiatan surfing di Padang. Dalam kompetisi surfing ini diikuti oleh 120 surfer dari beberapa daerah di Sumatera Barat seperti Pesisir Selatan [Tarusan dan Kambang], Kepulauan Mentawai, Kabupaten dan Pariaman, serta Padang.

Kompetisi Surfing ini mempertandingkan tiga kelas berbeda yaitu Open dengan 60 surfer, Grommet atau U16 dengan 53 surfer, dan Women dengan 7 surfer. Kompetisi Surfing ini dibuka secara resmi oleh Bp Didi Riyadi selaku Plt Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, yang sekaligus ditandai dengan pelepasan peserta untuk heat dan round pertama pada kelas Grommet atau U16. Satu hal yang menarik perhatian adalah keikutsertaan M Radit pada kelas Grommet atau U16 yang memiliki keterbatasan fisik dengann topangan satu kaki.

Pada hari pertama kompetisi surfing, dengan kondisi ombak 2-3 feat berhasil menyelesaikan round pertama untuk semua kelas, dan untuk round kedua hingga final dilanjutkan di esok harinya. Sejatinya kompetisi surfing sempat terhenti sejenak lantaran badai dan hujan lebat, namun hal tersebut bukan penghalang untuk menyajikan kompetisi yang berkelas. Pada sore hari saat badai dan hujan sudah terhenti, Final dimulai dengan kelas Grommet atau U16 pada kelas ini Dylan Wilcoxen dari Mentawai sukses menjadi yang terbaik. Selanjutnya pada kelas Women Sarah yang juga dari Mentawai mampu menjadi yang terbaik, sementara di kelas Open Deri Palar sukses mengunci gelar juara, Geri Palar adalah surfer terbaik Grommet pada tahun 2007.

Selepas KSSB Surfing Competition, Walikota Cup 2019 selesai, acara ditutup dengan Tari Pasambahan yang dibawakan oleh Sanggar Tari Sarumpun. Hadirnya KSSB Surfing Competition, Walikota Cup 2019 ini sekaligus membuktikan bahwa Pemerintah lokal melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Padang sudah mulai mendukung perkembangan Olahraga Surfing di Padang. Semoga ditahun ini ataupun tahun depan semakin banyak kompetisi-kompetisi seperti ini lagi.

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : dok. PSOI Sumatera Barat

MORE News

COMMENTS

<