eXtremeINA.com

Features

Melakukan Olahraga Saat Berpuasa

eXtremeINA.com  Bukan alasan jika saat berpuasa kita tidak boleh berolahraga. Walaupun saat berpuasa stamina tubuh berkurang, namun kita tetap dianjurkan untuk melakukan olahraga. Namun waktu saat berolahraga di bulan puasa harus disesuaikan, seperti saat pagi hari atau sore hari jelang berbuka puasa. Sejatinya banyak sekali manfaat yang didapat saat berolahraga di bulan puasa, termasuk melakukan olahraga ekstrem.

Manfaat Olahraga Saat Berpuasa_feature

Tidak ada anjuran jika saat berpuasa olahraga ekstrem tidak boleh dimainkan. Dengan mengambil waktu yang tepat dan tetap menjaga kondisi tubuh dengan baik maka olahraga ekstrem dapat dilakukan saat sedang berpuasa. Berikut adalah manfaat berolahraga saat berpuasa.

Olahraga saat berpuasa dapat mendetoksifikasi tubuh agar tetap segar dan lancar. Detoksifikasi atau pengeluaran racun dalam tubuh terjadi pada saat sistem pencernaan kita bekerja. Bila kita sedang puasa berarti sistem pencernaan kita sedang istirahat. Di sinilah pentingnya berolahraga saat puasa. Olahraga akan mengoptimalkan sirkulasi darah dan fungsi kelenjar getah bening. Dengan demikian detoksifikasi dalam tubuh tetap berjalan lancar.

Manfaat Olahraga Saat Berpuasa_feature (3)

Olahraga saat berpuasa dapat mengusir rasa malas dan mengantuk. Orang yang merasakan badan lemas, malas, mengantuk saat berpuasa disebabkan karena aktivitas fisiknya rendah. Akan terasa sangat lapar dan haus jika kita hanya tidur dan bermalas-malasan saat puasa. Apalagi tidur di pagi hari, bangun tidur badan terasa lemas. Jam 10 pagi sudah terasa lapar dan haus.

Olahraga saat berpuasa dapat menurunkan berat badan. Tanpa olahraga, sebenarnya puasa justru akan menaikkan berat badan karena nafsu makan semakin tidak terkontrol saat berbuka puasa. Orang yang rutin berolahraga meskipun saat puasa, fungsi organ tubuhnya berjalan normal sehingga ia akan makan sesuai kebutuhan tubuh. Sedangkan orang tidak pernah olahraga akan cenderung mengisi perut sesuai keinginan hawa nafsu. Meskipun seharian menahan lapar. Dengan berolahraga tubuh Anda tidak akan terasa loyo. Olahraga akan membantu Anda untuk tetap bugar. Di saat Anda menjalani ibadah puasa dengan berolahraga, tubuh akan mengalami proses detoksifikasi.

Manfaat Olahraga Saat Berpuasa_feature (2)

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : eXtremeINA.comBerbagai Sumber

MORE Features

COMMENTS

<