eXtremeINA.com

News

Memperingati Hari Kartini dengan Cara Tak Biasa

BALI – eXtremeINA.com Cerys Evans mempunyai cara berbeda untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh pada hari Sabtu [21/04] lalu. Bertemakan Kartini Go Surf, bersama rekan surfer lainnya merayakan hari Kartini dengan bermain surfing menggunakan kebaya khas Ibu Kartini di Pantai Kuta, Bali.

Dalam kesempatannya dirinya pun berpendapat, “Saya pribadi sangat senang dan bangga bisa merayakan Hari Kartini bersama dengan wanita-wanita Indonesia. Perayaan ini merupakan budaya yang ada di Indonesia, dengan kita sebagai wanita bermain surfing berarti kita sudah setara dengan surfer pria.”

“Menggunakan atasan kebaya memang tidak ada masalah, namun untuk bawahan kebaya membuat pergerakan kaki agak sulit mengontrol pergerakan papan surfing. Ditambah lagi ombak yang harus dihadapi cukup tinggi. Namun kami semua sangat menikmati hari ini,” tambahnya.

Pengalaman yang luar biasa ini juga dirasakan oleh surfer asal Korea Selatan bernama Mina Jo. Bagi dirinya berselancar menggunakan kebaya memiliki kesulitan dan tantangan yang cukup menyenangkan. “Pada dasarnya melakukan surfing dengan baju renang saja sudah cukup sulit, khusus untuk merayakan hari Kartini kita harus menggunakna kebaya atas dan bawah. Walaupun sangat sulit namun kami cukup menikmatinya.”

Hari Kartini diperingati oleh bangsa Indonesia setiap tanggal 21 April. Tanggal tersebut merupakan hari lahir perempuan pendorong kesetaraan pada zaman penjajahan Belanda. Kartini yang telah disematkan sebagai salah satu Pahlawan Nasional disebut sebagai pelopor kebangkitan perempuan di Nusantara. Kartini yang terkenal dengan naskah Habis Gelap Terbitlah Terang menjadi inspirasi bagi para wanita di Indonesia untuk memperjuangkan hak dan kesetaraan yang sama baik di bidang pendidikan, olahraga, pekerjaan, dan banyak hal lainnya.

Salah satu pihak penyelenggara Kartini Go Surf Piping Irawan mengatakan, tujuan digelarnya kegiatan ini adalah untuk memberikan inspirasi bagi perempuan Indonesia untuk tidak takut menjadi seorang surfer profesional. Di Indonesia sendiri tidak banyak wanita yang menggeluti olahraga ekstrem yang satu ini, semoga dengan adanya kegiatan semacam ini dapat mendorong para wanita di seluruh penjuru Tanah Air untuk mulai bermain surfing.

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photo             : Berbagai Sumber

Edited by      : Ihsan Rizaldi Raz

MORE News

COMMENTS

<