eXtremeINA.com

Features

Menikmati Water Tubing

eXtremeINA.com              Jika bermain olahraga air semacam arung jeram [rafting] untuk menaklukkan sungai dengan jeram dan bebatuan besar sudah biasa, maka cobalah Water Tubing. Dengan olahraga ini kita dapat melawan jeram di sungai dengan cara yang berbeda dan pastinya tetap memacu adrenaline.

River Tubing, Cara Beda Bermain Rafting_feature (2)

Secara garis besar, water tubing ini mirip dengan rafting, namun perbedaannya adalah water tubing menggunakan ban karet berbentuk donat sebagai pengganti perahu karet yang biasa digunakan dalam rafting. Kemudian jika rafting menggunakan dayung, maka water tubing hanya menggunakan kedua tangan untuk menyusuri sungai.

water tubing ini masih awam terdengar di kalangan masyarakat modern, namun olahraga ini sangat bagus untuk pembentukan karakter, jika rafting bisa menampung enam orang dalam satu perahu karet sehingga rasa takut dan tegang ketika melewati rintangan pada aliran sungai yang deras dapat diredam, namu hal itu tidak berlaku pada water tubing karena semua tantangan dan rintangan harus dihadapi sendiri.

River Tubing, Cara Beda Bermain Rafting_feature (3)

Peralatan keselamatan seperti life jacket, decker, dan helm wajib dipakai ketika bermain water tubing demi keselamatan dan keamanan. Di Indonesia sendiri ada berbagai spot agar dapat menikmati water tubing ini seperti di Bali ada River Tubing, kemudian di Jawa Timur di Desa Tulungrejo, Kec. Bumiaji, wisata kota Batu Malang, Tubing di Gua Pindul karangmojo, Gunung Kidul, Yogyakarta, Cukang Taneuh atau yang dikenal Grand Canyon Pangandaran Jawa Barat, dan masih banyak tempat lainnya. Dasarnya lokasi bermain rafting dapat juga digunakan untuk bermain water tubing.

Jika ingin bermain water tubing, peralatan keselamatan yang sudah disebutkan tadi wajib digunakan walaupun lokasi bermainnya tergolomg mudah tanpa rintangan sekalipun

River Tubing, Cara Beda Bermain Rafting_feature (1)

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : Berbagai Sumber

MORE Features

COMMENTS

<