eXtremeINA.com

Features

Menyelam Lautan Dengan Scuba Diving

eXtremeINA.com     Scuba Diving merupakan kegiatan bawah laut menyelam dengan menggunakan alat bantu pernapasan dengan tujuan dapat menyelam lebih lama di  dalam air.

scuba-diving_feature (1)

Hobi Scuba Diving sangat mengasyikkan namun tidak boleh anggap sepele walaupun sudah menggunakan alat bantu pernapasan dan lain sebagainya serta di temani oleh para instruktur yang ahli tetap saja hobi yang satu ini bagi teman-teman yang baru pertama kali mencoba bisa sangat berbahaya, jika teman-teman tidak memiliki kemampuan yang memenuhi standard Scuba Diving dan kurang nya kesadaran akan keselamatan saat berada di dunia air.

Kata SCUBA sendiri merupakan sebuah akronim untuk  “Self Contained Underwater Breathing “, namun telah diterima sebagai kata yang menunjuk ke peralatan scuba. Peralatan Scuba secara umum dibagi menjadi dua jenis: Sirkuit Terbuka atau Aqua-Lung dikembangkan oleh Jacques Cousteau dan Sirkuit Tertutup Rebreather.

scuba-diving_feature (2)

Begitu pun dengan tips Scuba Diving secara umum dibagi menjadi dua yaitu:

  • Tips mengatur udara Selama melakukan Scuba diving
  • Tips keselamatan Scuba Diving

Oke, untuk tips mengatur udara selama melakukan kegiatan scuba diving di dalam air ada beberapa tips diantaranya:

  • Bergerak lah secara perlahan, artinya bergerak dengan cepat dan tersentak-sentak karena anda akan membutuhkan udara yang lebih  [metabolisme] jadi bergerak lah secara perlahan sembari menikmati keindahan alam bawah laut.
  • Jangan menahan nafas saat berada di air, kadang secara tidak sadar kita sering sedikit menahan nafas saat menghembuskan nafas lewat mulut. Hal itu sangat berbahaya karena bisa menimbulkan kecelakaan pada paru-paru, bernafaslah secara normal kapasitas  udara yang masuk dan keluar haruslah seimbang selain itu udara dalam tubuh  akan mambantu kamu terdorong ke permukaan lebih cepat.
  • Rajin lah brlatih untuk meningkatkan stamina anda agar dapat memahami bagaimana cara menyimpan cadangan udara di paru-paru.
  • Perbanyak lah praktek. Ingat  practice makes perfect.

scuba-diving_feature (3)

Dan untuk tips Keselamatan dalam menggunakan Scuba Diving sendiri  diantaranya:

  • Sebelum  anda menyelam atau memasuki kedalaman air periksalah terlebih dahulu semua peralatan Scuba Diving anda, seperti Masker, Pipa Oksigen, Regulator,  baju renang, sepatu, dan peralatan lainnya, dengan cara mencoba nya terlebih dahulu seperti di kolam renang.
  • Selalu menyelam berkelompok atau berpasangan hal ini membuat anda merasa aman dan nyaman ketika berada di dalam air ingat jangan pernah menyelam sendiri bagi anda yang beru pertama kali mencoba [pemula].
  • Dengarkan dan simak baik-baik instruksi dari para instruktur yang profesional serta  Amati gerakkan dan teknik-teknik peyelam berpengalaman agar menambah pengetahuan anda tentang Scuba Diving.

#eXtremeINA #diving #extremesports #extremesportsindonesia #feature #indonesia #scubadiving

Text              : Bambang Vidiatmoko

Photos         : Berbagai Sumber

MORE Features

COMMENTS

<