eXtremeINA.com

News

Munculnya Para Penerbang Baru di KASAU Cup 2019

YOGYAKARTA – eXtremeINA.com      Kejuaraan KASAU Cup 2019 yang tersaji di Bukit Watu Gupit, Pantai Parangtritis Yogyakarta telah sukses digelar pada akhir pekan lalu tanggal 1-3 Maret 2019. Pada ajang tahunan ini pihak penyelenggara telah mempertandingkan beberapa cabang olahraga Dirgantara yang salah satunya adalah Gantolle.

KASAU Cup adalah sebuah kejuaraan olahraga dirgantara yang didukung penuh oleh Kepala Staff TNI AU yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Umum Federasi Aero Sport Indonesia [FASI), induk organisasi olahraga Dirgantara di Tanah Air. Maksud dan tujuan diadakannya KASAU Cup ini adalah untuk membina dan pengembangan olahraga Dirgantara di Indonesia. Ajang ini pun juga sangat bermanfaat bagi peningkatan prestasi para pilotnya. Kejuaraan KASAU Cup ini sudah berlangsung rutin di setiap tahunnya, dan tahun 2019 ini menjadi pagelaran yang ketiga.

Khusus pada cabang olahraga Gantolle, Kejuaraan KASAU Cup 2019 berhasil diikuti oleh 58 pilot dari 10 provinsi, yang diantaranya Sumatera Barat dengan 11 pilot, DKI Jakarta dengan 6 pilot, Banten dengan 4 pilot, DIY dengan 2 pilot, Jawa Tengah dengan 7 pilot, Jawa Timur dengan 8 pilot, Sulawesi Selatan dengan 2 pilot, Kalimantan Selatan dengan 1 pilot, Kalimantan Timur dengan 4 pilot, dan yang paling banyak mengirimkan pilotnya adalah Jawa Barat dengan 13 pilot.

Sejatinya ada kejutan yang terjadi di KASAU Cup 2019 ini, yaitu hadirnya 11 penerbang atau pilot baru yang ikut berpartisipasi. Alasan inilah yang membuat pihak penyelenggara memasukan nomor Junior, dengan memasukan nomor tersebut maka diharapkan anak-anak muda mulai menggeluti olahraga Gantolle.

Dalam kesempatannya Eris Budi Utomo selaku Ketua pertandingan yang merangkap Safety Officer atau keamanan penerbangan mengatakan, “Kami cukup senang dengan banyaknya penerbang-penerbang baru yang muncul di KASAU Cup 2019 ini. Oleh karena itulah kami memasukan nomor Yunior agar mereka membuktikan dirinya mampu berprestasi walaupun baru terjun di olahraga Gantolle. Kami harapkan ajang semacam ini terus bergulir di setiap tahunnya untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap olahraga Dirgantara khususnya Gantolle.”

Saat hari pertama dan hari kedua berlangsung, perlombaan berjalan sangat lancar dan semua babak dapat dipertandingkan. Namun saat masuk ke hari terakhir perlombaan tepatnya di tanggal 3 Maret 2019, hujan mengguyur kawasan Pantai Parangtritis akibat cuaca buruk tersebut pihak panitia hanya mampu menggelar 3 babak saja dari rencana 5 babak yang seharunya dipertandingkan. Namun dengan 3 babak ini sudah dinyatakan validitasnya tercapai 100% dan valid, dengan begitu pemenangnya sudah bisa ditentukan.

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : dok. Chalid [pnb Gantolle JKT]

MORE News

COMMENTS

<