eXtremeINA.com

Features

Peralatan Panjat Tebing Yang Digunakan

eXtremeINA.com  Panjat tebing adalah salah satu olahraga yang tergolong ekstrem dan cukup memiliki resiko cedera yang sangat tinggi. Oleh karena itulah para pelakunya wajib mengetahui dengan detail mengenai tips dan trik dasar dalam bermain panjat tebing, selain itu hal penting lainnya adalah mempersiapkan peralatan dengan lengkap untuk memudahkan serta memberikan rasa aman saat melakukan aktifitas panjat tebing.

Peralatan Panjat Tebing Yang Digunakan_feature (3)

Berikut adalah informasi lengkapnya :

Tali Carmantel. Tali carmantel yang biasa dipakai untuk panjat tebing biasanya memiliki tingkat kelenturan yang biasa disebut dynamic rope [memiliki daya lentur sampai 25%].

Harnest. Harnest merupakan alat pengikat tubuh yang berfungsi sebagai pengaman. Alat ini akan dihubungkan dengan tali.

Helm. Helm wajib dikenakan sebagai pelindung kepala dari risiko terbentur benda-benda yang mungkin jatuh dari atas.

Peralatan Panjat Tebing Yang Digunakan_feature (2)

Carabiner. Alat yang merupakan cincin kait dan terbuat dari alumunium alloy ini berfungsi sebagai pengait dan akan dikaitkan dengan alat yang lain, seperti dengan tali.

Sepatu Panjat. Sepatu ini berfungsi sebagai pelindung kaki dan wajib memiliki daya friksi tinggi sehingga bisa melekat di tebing. Sepatu tebing ada beberapa jenis dan yang paling sering digunakan adalah jenis soft dan hard.

Perlengkapan lain. Selain 5 alat di atas, jangan lupa juga untuk memakai alat panjat tebing lainnya seperti webbing [alat yang digunakan pada harnest], prusik [tali carmentel diameter 5-6 meter untuk pengganti sling runner dan meniti ke atas], chalk bag [wadah MgCo3-bubuk yang berfungsi agar tangan tidak licin], descender [alat untuk meniti talike bawah dan mengamankan leader saat membuat jalur], ascender [alat untuk meniti tali ke atas], grigi [alat untuk membelay], hammer [palu untuk menanamkan pengaman dan melepaskan kembali], pulley [untuk evakuasi], dan handrill [alat mengebor manual untuk menempatkan pengaman, bolt dan hanger].

Peralatan Panjat Tebing Yang Digunakan_feature (1)

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : Berbagai Sumber

MORE Features

COMMENTS

<