eXtremeINA.com

Features

Peran Co-Driver Dalam Balap Offroad

eXtremeINA.com  Menjadi seorang co-driver/navigator dalam sebuah ajang reli atau offroad ternyata bukan pekerjaan yang bisa dianggap mudah seperti kelihatannya. Disebutkan, seorang co-driver dituntut untuk memiliki feeling yang kuat tentang kecepatan, jarak akurat, termasuk ketahanan fisik tinggi agar dapat mengambil keputusan secara tepat, kapan harus berbelok, kapan harus mengerem, dan sebagainya.

ilustrasi-co-driver-offroad_feature

Tugas seorang co-driver dimulai saat survei lintasan di hari sebelum lomba yang kemudian dicatat ke dalam pacenote. Pacenote sendiri berisi keterangan untuk pengemudi tentang apa yang ada di depannya, ke mana harus berbelok, tingkat ketajaman tikungan, dan apa rintangan yang harus diwaspadai sejak start hingga finish.

Bahasa pacenote yang mereka gunakan berpatokan pada jarum jam, menggunakan keterangan angka 6 hingga angka 1 dalam menentukan karakteristik tikungan. Jika diurutkan sesuai arah jarum jam terbalik, maka angka 6 berada di posisi teratas menandakan tikungan kencang dan bisa dengan gigi 6. Semakin kecil angka tikungan, maka semakin tajam sudut, kecepatan dan gigi transmisi yang digunakan untuk melalui tikungan tersebut.

ilustrasi-balap-offroad (2)

Tidak hanya itu, seberapa jauh jarak tikungan yang akan dilalui dari tikungan sebelumnya dan bagaimana kondisi lintasan juga dicantumkan pada pacenote, misalnya bila ada lubang, permukaan bergelombang, blindspot, naik dan turun, serta bagian dalam atau luar tikungan yang harus dilalui demi meraih catatan waktu terbaik.

Bahasa yang digunakan untuk pacenote adalah yang telah disetujui oleh pengemudi dan co-driver, karena komunikasi antara keduanya sangat menentukan hasil yang akan diraih nantinya. Seberapa dekat hubungan emosi/pribadi dan kepercayaan antara keduanya juga sangat berpengaruh bagi pengemudi dalam memilih co-driver.

ilustrasi-balap-offroad (3)

#championship #dirt #extremeina #extremesports #extremesportsindonesia #indonesia #news #offroad #speed #speedoffroad

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : Bambang Vidiatmoko / Berbagai Sumber

MORE Features

COMMENTS

<