eXtremeINA.com

Features

Perlengkapan Olahraga Paralayang

eXtremeINA.com    Paralayang adalah olahraga udara yang cukup ekstrem. Paralayang dapat dilakukan dengan satu atau dua orang, dan untuk melakukan olahraga ini para pilot sebutan untuk para pelaku Paralayang harus melakukannya di bukit atau gunung dengan memanfaatkan kekuatan angin. Dengan angin tersebut parasut dapat melayang bebas diudara. Angin sendiri terdapat dua kategori, yang pertama adalah angin yang menabrak lereng atau dynamic lift dan angin yang disebabkan oleh thermal atau thermal lift.

ilustrasi-paragliding (4)

Olahraga Paralayang ini muncul pada sekitar tahun 1980-an dan untuk pertama kalinya Kejuaraan Paralayang digelar pada tahun 1989 di Kossen, Austria. Dan saat ini paralayang juga sudah banyak digandrumi masyarakat Indonesia.

Peralatan Paralayang sebetulnya cukup ringan dan berat keseluruhan perlengkapan yang terdiri dari harness, parasute, helmet, dan lainnya hanya sekitar 10 kg sampai 15 kg. Untuk menyimpan peralatannya sendiri cukup praktis karena dapat dimasukan kedalam ransel yang dapat digendong dan dibawa kemana saja.

ilustrasi-paragliding (2)

Selain parasute, helmet, dan harness, ada beberapa peralatan pendung yang cukup penting untuk melakukan olahraga Paralayang ini, diantaranya adalah variometer, radio /HT, GPS, windmeter, dan peta lokasi terbang. Sementara untuk jenis parasut yang akan dipergunakan tergantung dari tingkat kemampuan dari sang penerbang dan berat badannya itu sendiri. Terdapat tiga jenis parasut Paralayang yang dapat digunakan, mulai dari parasut untuk kelas pemula, parasut untuk kelas menengah, dan parasut untuk kelas professional.

ilustrasi-paragliding (1)

#air #equipment #eXtremeINA #extremesports #extremesportsindonesia #indonesia #news #paragliding

Text             : Bambang Vidiatmoko

Photos        : Berbagai Sumber

MORE Features

COMMENTS

<