eXtremeINA.com

Features

Perlu Diperhatikan Sebelum Main Arung Jeram

eXtremeINA.com  Arung Jeram [Rafting] adalah salah satu olahraga air yang terbilang ekstrem namun tetap menyenagkan jika dimainkan. Sekelompok orang tidak akan diperbolehkan mendayung sendiri jika belum pernah bermain Arung Jeram, oleh karena itulah satu instruktur wajib menemani di dalam perahu karetnya. Walaupun tergolong olahraga yang ekstrem, nyatanya Arung Jeram banyak digemari oleh masyarakat luas untuk berolahraga sambil berwisata.

Arung Jeram adalah salah satu olahraga air yang terbilang ekstrem namun tetap menyenagkan jika dimainkan. Sekelompok orang tidak akan diperbolehkan mendayung sendiri jika belum pernah bermain Arung Jeram, oleh karena itulah satu instruktur wajib menemani di dalam perahu karetnya. Walaupun tergolong olahraga yang ekstrem, nyatanya Arung Jeram banyak digemari oleh masyarakat luas untuk berolahraga sambil berwisata.

Sebelum turun langsung bermain Arung Jeram, fakta ini wajib sekali dipelajari dan diketahui. Berikut adalah penjelasannya.

  1. Musim hujan adalah waktu terbaik untuk berarung jeram

Banyak yang takut arung jeram saat musim hujan. Padahal faktanya, debit air sungai yang meninggi dapat menghasilkan aliran arus yang deras dan jeram-jeram besar yang menantang. Pengarungan sungai jadi lebih mendebarkan. Tidak perlu khawatir, karena operator tetap memperhatikan keamanan.

  1. Pelampung yang kekecilan akan membuatmu susah bernapas

Pastikan pelampung yang kamu pilih masih lengkap dan dalam kondisi baik [tidak sobek dan memiliki tali]. Bila pelampung kebesaran, kamu akan kesulitan mengapung. Bahkan, bisa jadi pelampungmu akan lepas. Maka pilihlah pelampung yang pas di badan.

  1. Memakai celana panjang saat arung jeram akan menyulitkan pergerakan

Celana panjang akan memberatkamu untuk bergerak selain itu juga menyulitkan kamu berenang. Lebih baik mengenakan celana pendek. Kamu bisa leluasa berenang dan bergerak di atas perahu. Yang perlu diingat, pilihlah celana pendek yang mengikat. Bila perlu kenakan ikat pinggang untuk menghindari celana pendekmu melorot. Celana outdoor waterproof bisa jadi pilihan.

Arung Jeram adalah salah satu olahraga air yang terbilang ekstrem namun tetap menyenagkan jika dimainkan. Sekelompok orang tidak akan diperbolehkan mendayung sendiri jika belum pernah bermain Arung Jeram, oleh karena itulah satu instruktur wajib menemani di dalam perahu karetnya. Walaupun tergolong olahraga yang ekstrem, nyatanya Arung Jeram banyak digemari oleh masyarakat luas untuk berolahraga sambil berwisata.

  1. Celana berwarna putih terlihat menerawang saat berbasah-basahan di sungai

Saat rafting, hindari pemakaian celana berwarna putih. Alasannya karena celana akan terlihat menerawang saat keadaan basah. Lebih baik mengenakan celana berwarna gelap.

  1. Ternyata banyak yang mengabaikan grade atau level sungai

Saya dan teman-teman saya termasuk di antaranya. Tidak begitu memperdulikan berapa grade sungai tersebut. Yang terpenting bisa arung jeram bareng teman-teman.

Grade atau kelas sungai untuk arung jeram mulai dari terdiri dari I, II, III, IV, V, VI. Grade I mempunyai level yang sangat mudah, sedangkan grade VI adalah grade paling sulit. Sebelum kamu memutuskan untuk arung jeram, ketahui dulu level sungai yang akan kamu arungi.

  1. Sungai Alas di Aceh menjadi sungai terbaik pecinta arung jeram

Bagi pemain rafting profesional, Sungai Alas Aceh menjadi sungai terbaik untuk rafting. Sungai Alas mempunyai variasi grade. Mulai grade 3 hingga 4. Sungai Alas juga biasa digunakan untuk kejuaraan nasional.

Sungai yang terletak dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser ini menyuguhkan pemandangan tepi sungai yang alami. Jika beruntung, kamu bisa melihat gajah, rusa, dan monyet yang sedang minum di pinggir sungai.

Sungai Alas mempunyai arus sungai yang deras dan kelokan tajam. Kamu yang profesional pasti menyukai tantangan ini.

Arung Jeram adalah salah satu olahraga air yang terbilang ekstrem namun tetap menyenagkan jika dimainkan. Sekelompok orang tidak akan diperbolehkan mendayung sendiri jika belum pernah bermain Arung Jeram, oleh karena itulah satu instruktur wajib menemani didalam perahu karetnya. Walaupun tergolong olahraga yang ekstrem, nyatanya Arung Jeram banyak digemari oleh masyarakat luas untuk berolahraga sambil berwisata.

  1. Bagi pemula, Sungai Elo Magelang jadi pilihan yang sangat tepat

Mengapa? Karena Sungai Elo berada pada grade II hingga III dan memiliki arus sungai yang cukup deras. Kamu tidak akan kesulitan untuk beradaptasi dengan jeram-jeram sungai Elo. Waktu tempuh pengarunganpun tidak terlalu panjang. Hanya butuh waktu sekitar 2 jam.

  1. Sungai Alas yang jadi favorit pecinta jeram pernah diarungi Leonardo Dicaprio

Bukan bermain rafting sih, tapi Leo pernah mengarungi Sungai Alas saat mengunjungi Taman Nasional Gunung Leuser. Leo bersama Adrien Brody terlihat menyusuri sungai untuk melihat keanekaragaman flora fauna di sana

Text & Photos : Bambang Vidiatmoko / eXtremeINA.com

MORE Features

COMMENTS

<