eXtremeINA.com

Profile

Popo: Saya Ingin Memberikan yang Terbaik untuk Indonesia

eXtremeINA.com  Popo Ariyosejati atau yang akrab dipanggil Popo adalah salah satu rider downhill terbaik yang dimiliki Indonesia. Lahir pada tanggal 24 Juli 1986, Popo memulai karirnya sebagai atlet BMX Cross, namun seiring berjalannya waktu dia Pindak ke kota Malang pada tahun 2006, saat bertemu pelatihnya Zainul Siswanto di Malang Popo diintruksikan untuk menjajal downhill dan pada saat itulah dirinya langsung jatuh cinta pada olahraga sepeda yang cukup ekstrem ini.

Selepas dari BMX Cross, Popo mulai serius menekuni olahraga downhill hingga pada akhirnya untuk pertama kalinya dia mengikuti kejuaraan downhill di Gunung Buring Kota Malang, Jawa Timur bertajuk pre-PON dan seleksi Pelatnas Sea Games. Dalam kejuaraan pertamanya tersebut Popo langsung meraih juara ke-2 dan masuk dalam Tim Nasional [Timnas] SEA Games 2007. Seiring berjalannya waktu kemampuan Popo dalam bermain downhill kian matang, hal tersebut dibuktikan dengan prestasi-prestasi yang dira raih baik di tingkat nasional ataupun Internasional seperti meraih dua kali medali emas dalam Pekan Olahraga Nasional [PON], 2 kali Juara Asia Downhill di China dan Malaysia, serta masih banyak prestasi lainnya.

Sebagai atlet downhill profesional, Popo pernah mengalami cedera yang cukup serius yaitu 2 kali patah pertulangan tangan serta cedera collarbone. Cedera parah yang dialaminya tidak membuat kapok dan trauma, justru Popo kembali bangkit untuk meneruskan karirnya sebagai atlet Downhill Indonesia. Dalam waktu dekat ini Popo akan mengikuti Kejuaraan Nasional, untuk menjadi yang terbaik di ajang tersebut dirinya terus disibukkan dengan latihan. Selain itu Indonesia juga akan mengikuti kejuaraan SEA Games 2019 di Manila, dan jika Popo dipercaya untuk masuk kedalam skuad Timnas Downhill Indonesia dirinya mengaku siap untuk menampilkan performa terbaiknya.

Menurut Popo perkembangan downhill di Indonesia cukup berkembang dengan pesat di setiap tahunnya. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin banyaknya rider muda bermunculan dan mereka datang dari berbagai penjuru Tanah Air, selain itu trek downhill di Indonesia juga sudah cukup banyak, ditambah lagi dengan hadirnya Kejuaraan Nasional [Kejurnas] di setiap tahunnya membuat jenjang prestasi para rider semakin jelas.

Sejatinya pemerintah Indonesia pun sudah cukup mendukung perkembangan olahraga downhill di Indonesia, dampak besar yang dirasakan Popo adalah saat meraih kesuksesan di ajang Asian Games 2018 Popo tidak hanya diganjar bonus oleh Pemerintah namun dirinya juga diangkar sebagai Pegawai Negeri Sipil [PNS] di Kementrian Pemuda dan Olahraga [KEMENPORA]. Bagi Popo Olahraga downhill sudah menjadi bagian dari hidupnya, dengan tekat dan kerja kerasnya dia ingin menjadi juara dunia downhill suatu saat nanti demi nama baik Indonesia di tingkat dunia.

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : dok. Popo Ariyosejati

MORE Profile

COMMENTS

<