eXtremeINA.com

Profile

Puji Lestari: Climbing is my life, my passion and my achievement

JAKARTA – eXtremeINA.com    Puji Lestari adalah seorang atlet panjat tebing asal Jakarta kelahiran 15 Juni 1990. Ketertarikan pada olahraga ekstrem yang satu ini dimulai sejak duduk di bangku SMA kelas 3, lantaran dirinya mengikuti Sispala KPPA 83 dan kebetulan pada saat itu materi pembelajarannya adalah olahraga panjat tebing. Walaupu olahraga yang cukup ekstrem, namun dirinya sangat tertantang untuk menggeluti olahraga panjat tebing ini, apalagi jarang ada wanita yang berani mengikuti kegiatan panjat tebing.

Sejatinya keluarga sempat khawatir lantaran Puji Lestari atau yang akrab disapa Puji menggeluti dunia Panjat Tebing, namun setelah dirinya menjelaskan kepada keluarga terkait dengan prosedur keselamatan akhirnya keluarga pun paham dan lambat laun mulai mendukung, ditambah lagi Puji Lestari meyakinkan keluarganya dengan sejumlah prestasi yang mampu diraihnya. Sebenarnya cita-cita Puji Lestari sejak kecil adalah menjadi seorang Reporter Petualang, dengan menjadi seorang Reporter petualang dirinya mengaku sangat senang jika harus mengeksplor keindahan alam baik di Indonesia maupun luar negeri.

Seiring berjalannya waktu kemampuan Puji Lestari sebagai pemanjat tebing terus terasah, dan berbagai prestasi pun semakin banyak diraihnya dan prestasi terakhir yang didapatnya adalah medali emas kategori grup pada nomor lomba Women’s Speed World Record Relay dan peraih medali perak kategori individual pada nomor lomba Women’s Speed Individual pada Asian Games 2018. Atas prestasinya di ajang multi-event Asian Games 2018 tersebut Puji Lestari diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil [PNS] di Kementerian Pemuda dan Olahraga [KEMENPORA] sebagai Staff Ahli.

Walaupun sangat mencintai olahraga panjat tebing, namun dirinya mengaku sangat ingin mencoba olahraha ekstrem lainnya seperti Terjun Payung. Bagi dirinya Terjun Payung adalah salah satu olahraga yang cukup menantang dan dirinya sangat penasaran untuk mencobanya. Prestasi yang sudah didapatnya selama ini tidak membuatnya semata-mata puas, karena cita-cita Puji Lestari dalam karirinya sebagai atlet panjat tebing adalah dapat meraih juara di ajang Olimpiade, dan itu dapat diraihnya jika Puji Lestari ikut dalam kejuaraan Olimpiade Tokyo pada 2020 mendatang.

Sebagai atlet panjat tebing profesional, Puji Lestari melihat perkembangan olahraga panjat tebing di Indonesia sudah cukup berkembang terlebih pasca Asian Games 2018 yang lalu. Selepas kejuaraan tersebut banyak sekali bibit muda yang bermunculan dari berbagai daerah. Dengan begitu tinggal bagaimana upaya pemerintah dan pengurus untuk memberikan fasilitas dan wadah untuk mereka berkembang. Pesan dari Puji Lestari untuk para adik-adik yang baru mulai menggeluti olahraga panjat tebing, jangan pernah takut untuk lampaui batas ambang hidup kalian, bekerja dan berusaha lah sekuat tenaga, dan diiringi oleh doa. Jika kalian konsisten akan itu semua maka hasil tidak akan membohongi prosesnya.

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : dok. Puji Lestari

MORE Profile

COMMENTS

<