eXtremeINA.com

Profile

Semangat Joseph Epos Falcone di Dunia Longboard

eXtremeINA_Joseph_Epos_Falcone_profile (3)eXtremeINA.com                 Seorang Longboarder asal Filipina yang bermain Longboard sejak tahun 2006 telah mengikuti event di dalam negeri tercinta ini Indonesia. Menurutnya Longboard telah membawa dirinya untuk bisa mengenal kebudayaan beragam di beberapa Negara, memang karena ia sering mengikuti event di luar negeri.

Joseph Epos Falcone pecinta Longboard ini mengaku kalau ia suka Longboard karena dapat menyatukan orang banyak dan dari olahraga ini ia mendapatkan banyak teman di beberapa Negara.

Lahir di Lapo Lapo City Filipina, Epos mengikuti kejuaraan Longboard profesional sejak tahun 2008. Juan Daso adalah mentor dan juga mengenalkan ia dengan dunia Longboard. Juan pula, mengajarkan tentang arti kehidupan, Epos pun sependapat dengan Juan menurutnya masih banyak kehidupan di luar sana. Dengan bermain Skateboard, Surfing dan tentunya Longboard  adalah satu wujud dari dirinya untuk memberanikan diri keluar rumah, berpetualang dan menghadapi semua tantangan di dunia.

Hobinya yang ekstrem ini membuat orang tuanya tidak menginjinkan untuk memainkannya, suatu pukulan besar yang dialami bagi dirinya pada saat itu. Dengan tekad bulat ia memutuskan untuk menggeluti dunia Longboard walaupun mendapat kecaman dari orang tuanya. Bahkan akhirnya berpisah dengan orang tuanya karena Longboard.

Memang sudah sewajarnya sikap orang tua terhadap anaknya seperti itu. Mereka selalu mengkhawatirkan anaknya saat melakuan hal-hal yang berbahaya. Orang tua Epos pernah menyaksikan ia ketika mengikuti kompetisi di Thailand, ekspresi orang tua Epos sangat ketakutan bahkan histeris ketika menyaksikan anaknya bermain Longboard.

Hal yang tidak pernah dilupakan ketika orang tuanya memberi izin ia untuk bermain Longboard. Sekarang orang tuanya sudah tidak menghalangi hobinya ini, bahkan salah satu keluarga kandungnya, yaitu kakaknya sepenuhnya mendukungnya untuk terus bermain Longboard.

Berawal mengikuti event kompetisi Freestyle Longboard pada tahun 2007, ia mendapat hasil yang sangat memuaskan, menduduki peringkat kedua dan ia mengikuti kompetisi itu tidak sendirian, melainkan bersama temannya Dandoy. Awalan yang bagus membuat dirinya selalu semangat, dan tidak melupakan pengalaman pertamanya itu.

eXtremeINA_Joseph_Epos_Falcone_profile (2)

Di tahun 2010 Epos beranikan diri untuk bisa naik ke kancah internasional, ia mengikuti event yang diadakan di Pataya Thailand “Pataya Slalom & Slide Jam”. Keberanian dan semangat tersebut membawakan ia berada pada peringkat kedua, tentunya temannya Dandoy ikut serta dalam event ini, Dandoy juga mendapatkan hasil yang lebih baik dari Epos, ia berapa pada peringkat pertama.

Diluar bermain Longboard, ia mempunyai profesi sebagai pengusaha. Ia memiliki  toko, yang tak jauh dari dunia olahraga ekstrem yakni memproduksi sejumlah barang diantaranya ada Skateboard dari bambu, tas, tas helm, helm, dan pakaian . Ia pun juga menggemari olahraga Downhill, Skateboard, dan Surfing. Ia juga sering berbagi pengalamannya kepada para pemula Longboard agar mereka terinspirasi.

Epos sering mengartikan pemula Longboard itu adalah orang yang terinspirasi oleh Longboard (Inspirate By Longboard), Epos punya tips untuk orang yang terinspirasi. Menurut ia seorang pemula jangan terlalu memaksakan diri apabila anda kalah atau terjatuh dari papan. Intinya bila anda jatuh langsung bangun lagi jangan pernah berhenti bermain Longboard dan tentunya harus banyak berlatih.

eXtremeINA_Joseph_Epos_Falcone_profile (1)

Kata Epos berbagi cerita dengan siapa-pun terutama pecinta Longboard juga, karena Longboard bukan hanya olahraga tetapi komunitas besar dan sudah mendunia. Ia berpesan juga untuk pemula, jangan pernah berpikir kalau anda akan selalu menang.

Epos mengikuti event di Indonesia membuat dirinya mempunyai banyak teman di Indonesia, diantaranya ketiga orang yang telah mengenalkan Longboard Indonesia ke kancah internasional ia adalah Cece, Yudo, Shandy. Menurutnya ketiga orang tersebut mempunyai skill yang bagus dalam bermain Longboard dan skateboard.

Epos mengakui kalau event Talegong Longboard Festival 2014 yang di gelar di Garut Jawa Barat, Indonesia lokasinya sangat bagus, karena trek yang digunakan cukup menantang andrenalinnya. Ia berharap kalau event yang diadakan setiap tahunnya ini harus menghasilkan Longboarders muda baru, dan pemerintah di Indonesia bisa mendukung olahraga ini, dan tidak hanya olahraga ini saja olahraga ekstrem yang lainnnya juga.

Text                 : Arief Munandar

Photo’s            : Aditya Oktavirmana

MORE Profile

COMMENTS

<