eXtremeINA.com

Profile

Sepak Terjang Botay Agata di Dunia BMX Flatland

eXtremeINA-Botay-Agata_profile (1)eXtremeINA.com            Rider BMX yang satu ini adalah seorang rider yang fokus di BMX khususnya untuk kategori BMX Flatland. Botay Agata biasa anak BMX menyebutnya, rider dengan nama asli Januar Susanto, yang lahir di Jakarta tahun 1990 ini telah mencoretkan namanya di papan nama dunia, ia adalah 20 peringkat dunia pada tahun 2010 di Singapura.

Sejak tahun 2008 Botay sudah eksis di dunia BMX, berawal dari coba-coba dan nongkrong bersama anak BMX hingga sekarang menjadi atlet profesional yang namanya dikenal dikancah dunia. Abi Manyu adalah salah satu tokoh terpenting baginya, karena Abi Manyu adalah senior sekaligus guru BMX bagi Botay.

Botay mengaku kalau Skill BMX Abi Manyu terbaik di Indonesia, ia mengaku sangat beruntung bisa berteman dengannya. Tetapi bagaikan murid yang membangkang kepada gurunya, Botay berambisi kalau sekarang dirinya mempunyai skill yang lebih dari pada gurunya Abi Manyu. Menurutnya, Abi Manyu sekarang sudah tidak muda lagi, dan yang terpenting ia sudah jarang latihan, oleh karena itu Botay bisa berkata lancang seperti itu.

eXtremeINA-Botay-Agata_profile (3)Botay bisa dikategorikan sebagai atlet BMX Flatland, BMX Flatland adalah freestyle menggunakan sepeda BMX, di lantai yang datar. Bagaikan seorang yang menari balet di lantai, tapi BMX Flatland menggunakan media yaitu sepeda BMX tersendiri. Menurut Botay yang spesial dalam BMX Flatland, rider bisa menguji kesabaran.

Hal yang hampir sama dihadapi oleh seorang rider BMX adalah ditentang oleh orang tua. Orang Tua sering menghimbau kalau BMX itu adalah olahraga yang membahayakan, karena sering jatuh, dan fatalnya dapat menyebabkan cedera. Sama halnya dengan Januar Susanto alias Botay ia juga mendapat kecaman seperti rider lain. Tetapi Botay dapat meyakinkan olahraga BMX kepada orang tuanya.Yang berbeda dari alasan rider lain adalah Botay mempunyai statement yang kuat untuk meyakinkan Orang Tuanya. Botay bisa melewati itu semua karena menekuni BMX Flatland dengan sungguh-sungguh, dan saat mendapatkan prestasi disitu ia mendapatkan kebebasan untuk menekuni hobinya tersebut.

Sejumlah prestasi Botay persembahkan untuk nama baik Indonesia di antaranya ia pernah mendapat gelar pringkat 20 pada tahun 2010 di Singapura.  Mendapat gelar peringkat 8 Asia pada tahun 2011 di Malaysia, Peringkat 4 Asia pada tahun 2012 di Malaysia, Juara 3 di Yogyakarta, Juara Kejurnas Wim Cycle di Jakarta, dan lainnya.

eXtremeINA-Botay-Agata_profile (5)Untuk pemula yang ingin seperti Botay anda harus berawal dengan niat yang matang dan yang terpenting adalah latihan. Botay berharap kalau di Indonesia harus ada penerus yang bisa membawa nama baik Indonesia, atau kota kelahirannya sendiri.

Perkembangan BMX di Indonesia menurut Botay sangat pesat. Buktinya adalah ketika adanya penyelenggaraan event kompetisi BMX, jumlah pesertanya selalu meningkat dari tahun-ketahun, itu artinya Indonesia mungkin akan bisa lebih maju dibandingkan dunia luar, jika penggiat BMX di Indonesia selalu meningkat dan mendapatkan prestasi.

FB: Botayflat@yahoo.com

Twitter: Januarsusanto@rocketmail.com

Text & Photo’s  : Arief Munandar

MORE Profile

COMMENTS

<