eXtremeINA.com

Features

Sky Surfing, Mengudara dengan Papan Selancar

eXtremeINA.com    Sky surfing adalah jenis skydiving di mana penerjun payung yang memakai papan melekat pada kaki nya dan melakukan berselancar gaya aerobatik selama terjun bebas. Papan yang digunakan umumnya lebih kecil dari papan selancar yang sebenarnya, dan terlihat lebih seperti snowboards atau skateboard besar. Lampiran ke kaki biasanya dibuat dilepas, sehingga jika penerjun payung yang kehilangan kendali atau memiliki kesulitan membuka parasut mereka, dewan dapat disingkirkan.

ilustrasi-skysurfing_feature (5)

Skysurfing adalah keterampilan yang membutuhkan latihan yang cukup. Teknik skysurfing sederhana adalah untuk berdiri tegak di papan selama terjun bebas, dan kemiringan hidung papan bawah untuk menghasilkan gerakan maju. Namun bahkan teknik dasar ini adalah tindakan penyeimbangan yang berpengalaman, menemukan skydivers sulit untuk belajar. Drag tambahan papan cenderung mengganggu keseimbangan dan membuat skydiver flip atas.

Jumper juga harus belajar untuk mengontrol papan dan posisi tubuh mereka sehingga untuk membuka parasut dalam konfigurasi yang stabil. Aerobatik yang lebih canggih seperti loop, roll dan helikopter berputar, lebih sulit dan masih ditangani setelah dasar-dasar yang telah dikuasai.Karena kemungkinan menjatuhkan papan, tidak setiap klub terjun payung izin skysurfing, dan hanya sebagian kecil skydivers telah berusaha ini spesialisasi baru dalam olahraga.

ilustrasi-skysurfing_feature (4)

Ketika skysurfer adalah difilmkan oleh seorang penerjun payung jatuh bersama mereka, film yang dihasilkan memberikan kesan bahwa skysurfer yang naik di udara dengan cara yang sama naik surfer pada gelombang. Gerakan ke bawah tidak terlalu jelas dan ini menciptakan ilusi bahwa skysurfer adalah meluncur pada arus udara seperti sailplane atau menggantung glider. Bahkan skysurfer selalu jatuh pada kecepatan tinggi sebanding dengan setiap penerjun freefalling lainnya.

Disiplin kompetitif skysurfing adalah olahraga tim yang terdiri dari skysurfer dan selebaran kamera dengan kamera video. Surf Sky diciptakan oleh dua skydivers Prancis, Dominique Jacquet dan Jean-Pascal Oron pada 1986 tetapi menjadi populer dan mendapat pengakuan selama tahun 1990-an berkat upaya dari beberapa eksponen pertama untuk menguasai aerobatics lebih kompleks, seperti Patrick akhir de Gayardon dan Jerry akhir Loftis. Munculnya skysurfing bertepatan dengan usia baru lainnya disiplin dalam skydiving, seperti freestyle dan freeflying.

ilustrasi-skysurfing_feature (3)

Skydiving Freestyle adalah gaya, balet sebagian besar individu yang berusaha untuk memperpanjang olahraga di luar posisi perut-ke-bumi datar tradisional yang digunakan oleh kebanyakan skydivers yang membuat formasi dengan tubuh mereka. Freeflying juga merupakan bentuk skydiving menggunakan berbagai posisi tubuh, seperti kepala di bawah atau kaki-ke-bumi, sementara masih membangun formasi dengan orang lain.

Evolusi ini dalam terjun payung telah mengambil olahraga jauh dari citra tradisional aksi berani mati. Skysurfing mencapai puncaknya pada popularitas di akhir 1990-an. Skysurfers yang ditampilkan dalam iklan televisi prime time untuk merek-merek besar seperti Pepsi, AT&T dan lainnya.

ilustrasi-skysurfing_feature (2)

Skysurfing tim yang kompetitif adalah fitur sebagai bagian dari ESPN X Game 1995-2000. Pada tahun 1996 dan 1997, SSI Pro Tour dipentaskan delapan X-Ujian peristiwa kualifikasi di Amerika Utara dan Eropa. Selama periode enam tahun, pro skysurf tim menerima total 392.000 USD dalam kemenangan kas dan disiplin mengumpulkan lebih dari 100 jam + paparan TV global tanpa insiden.

Setelah ESPN memutuskan untuk tidak memperbaharui olahraga untuk musim ketujuh, skysurfing telah menjadi relatif jarang di kalangan komunitas skydiving. Alasan penurunan ini termasuk kenaikan popularitas freeflying dan wingsuit terbang, bahaya yang berhubungan dengan terbang dan melepaskan papan, dan jumlah berkurang dari skysurfers berpengalaman untuk melatih pilot baru.

#air #extremeina #extremesports #extremesportsindonesia #feature #indonesia #sky #skydiving #skysurfing

Text          : Bambang Vidiatmoko

Photos     : Berbagai Sumber

MORE Features

COMMENTS

<