eXtremeINA.com

News

Target Tim Panjat Tebing Yogyakarta di PON 2020 Papua

JAKARTA – eXtremeINA.com    Kejuaraan Pekan Olahraga Nasional [PON] akan tersaji pada tahun 2020 mendatang di Papua, dan tentunya seluruh provinsi dari para pengurus cabang olahraga [Cabor] tengah mempersiapkan skuad yang kuat untuk meraih banyak prestasi. Seperti halnya yang dilakukan oleh Federasi Panjat Tebing Indonesia [FPTI] Yogyakarta.

FPTI Yogyakarta bertanggung jawab penuh dalam mempersiapkan atlet Panjat Tebingnya dalam PON 2020. Memperiapkan diri sejak 2018 yang berpusat di Mandala Krida Wall Climbing, FPTI Yogyakarta telah membuat skema peringkat berjalan dalam bentuk Pusat Pelatihan Daerah [Puslatda]. Bentuk latihannya mulai dari latihan teknik dan fisik yang meliputi Jogging Endurance serta Gym Fitness. Selain itu bentuk latihan juga terdapat dalam ajang try out pada bulan November tahun 2018 di Manahan Solo Wall Climbing.

Dalam kesempatannya Ketua Harian FPTI Yogyakarta menyampaikan, “Kami telah menyiapkan 10 atlet Panjat Tebing untuk dipromosikan ke PON 2020 Papua, namun ini sifatnya masih sementara. Karena keputusan siapa saja atlet yang akan diikutsertakan kedalam PON 2020 Papua untuk mewakili tim Panjat Tebing Yogyakarta akan diputuskan berdasarkan hasil pre PON pada bulan Oktober 2019 di Surabaya, kalau memang hasilnya baik maka kita akan mainkan semua.”

Target yang dicanangkan oleh FPTI Yogyakarta adalah 3 medali emas yang datangnya dari Nomor Lead Team Putri, Speed Relay Putri, dan Boulder Tim Putri Putra. Namun untuk mencapai target tersebut tim Panjat Tebing Yogyakarta akan mendapatkan perlawanan yang sulit dari tim Panjat Tebing Jawa Timur, Jateng, dan DKI Jakarta. Namun FPTI Yogyakarta juga patut mewaspadai kekuatan provinsi lainnya, mengingat banyak persiapan dan perkembangan Panjat Tebing di beberapa provinsi lainnya.

Pada PON 2016 yang lalu, Tim Panjat Tebing Yogyakarta sukses meraih 1 medali perak yang diraih oleh Fitriyani di Nomor Perseorangan Putri kategori Speed Track. Berikut adalah nama-nama atlet yang masuk dalam Puslatda:

  1. Rahmayuna Fadhilla
  2. Fary Arrahman
  3. Ismu Nugroho
  4. Andika
  5. Amelia windi
  6. Sukma Lintang
  7. Surya Agung
  8. Dyah Puspitaningtyas
  9. Argo Satrio
  10. Seto

 

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : dok. FPTI Yogyakarta

MORE News

COMMENTS

<