eXtremeINA.com

News

Terjebak Awan Gelap, Atlet PON Sumbar Sempat Dinyatakan Hilang

BANDUNG – eXtremeINA.com  Rijalul Fathani atlet Gantolle asal Sumatera Barat sempat dinyatakan hilang saat bertanding dalam ajang PON XIX Jabar 2016, yang diselenggarakan di di Batu Dua, Sumedang, Minggu [18/9].

Terjebak Awan Gelap, Atlet PON Sumbar Sempat Dinyatakan Hilang_news (3)

Rijalul Fathani dan 14 atlet lainnya yang saat itu sedang menyelesaikan penerbangan terakhirnya pada nomor lomba XC kelas A, tiba-tiba terjebak awan gelap yang disertai dengan hujan deras. Jika ke 14 atlet berhasil mendarat, namun Rijalul Fathani gagal mendarat dan sempat dinyatakan hilang. Akibat cuaca buruk tersebut, Rijalul yang terbang diatas ketinggian 1.150 meter, harus tersedot oleh pusaran angin hingga membawanya ke ketinggian 2.000 meter.

Sejatinya saat terbawa oleh angin kencang, Rijalul terus berusaha untuk bermanuver agar dirinya mendarat. Namun akibat angina yang cukup kencang Gantolle yang dibawanya sulit dikendalikan hingga terus terbang mengikuti arah angin.

Terjebak Awan Gelap, Atlet PON Sumbar Sempat Dinyatakan Hilang_news (2)

Sesaat kejadian tersebut Rijalul mengatakan, ”Kejadian yang saya alami memang begitu cepat, karena hembusan angin kecang membuat saya terus berputar hingga di ketinggian 2.000 meter. Akibat kejadian tersebut saya sempat meminta bantuan melalui radio untuk melepaskan parasut cadangan.”

“Saya terus berusaha untuk mendarat, dan saat landing di persawahan saya sempat beristirahat sejenak. Setelah kondisi pulih lalu saya mencari perkampungan untuk meminta bantuan, saat tiba diperkampungan saya diantarkan oleh tukang ojek menuju SPBU Loji dan dijemput oleh panitia. Untuk semua peralatan Gantolle saya tinggalkan diarea pendaratan” tambah Rijalul.

Terjebak Awan Gelap, Atlet PON Sumbar Sempat Dinyatakan Hilang_news (1)

Insiden yang dialami oleh Rijalul ini sekitar pukul 14.45 WIB, dan dia pun berhasil mendarat sekitar pukul 15.30 WIB. Kejadian yang dialaminya ini diakui memang kesalahannya sendiri. Karena Rijalaul terlalu memaksakan untuk terbang di ketinggian 1.150 mdpl, jika saja Rijalaul tetap bertahan di ketinggian 1.000 mdpl, dia tidak akan terjebak awan gelap.

#air #bandung #extremeina #extremesports #extremesportsindonesia #gantolle #handgliding #indonesia #PONXIX2016

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : Lassak ImajiTagor Siagian

MORE News

COMMENTS

<