eXtremeINA.com

Profile

Tomie Ganjal: Bagi Saya BMX adalah Segalanya

eXtremeINA-Tomie Ganjal_profile (2)eXtremeINA.com                        Tomi Ferdian atau yang sering dipanggil Tomie Ganjal adalah seorang rider BMX kelahiran Banda Aceh. Lahir pada tanggal 25 Maret 1987, Tomie Ganjal memulai karirnya sebagai rider BMX pada saat masih duduk di bangku SD. Awal ketertarikan pria pecinta musik Hardcore ini kepada BMX Freestyle, ketika dia diperlihatkan oleh temannya video BMX Braun dan Mongoose dan membaca buku BMX Freestyle karangan Asep Tubagus.

Dengan modal pengetahuan BMX melalui video, membaca buku tentang BMX, dan belum banyaknya rider BMX Freestyle di Sumatera Barat, Tomie Ganjal menekuni dan mempelajari trik-trik BMX Freetyle dengan otodidak.

eXtremeINA-Tomie Ganjal_profile (4)Perjuangan Tomi untuk menekuni dunia BMX Freestyle mendapat tantangan dari kedua orang tuanya, karena menurut orang tuanya bermain BMX hanyalah membuang – buang waktu saja. Namun dengan tekat yang gigih dan kecintaannya terhadap BMX, Tomi membuktikan bahwa pilihannya untuk berkecimpung dan menekuni dunia BMX tidaklah salah.

Satu persatu prestasi pribadi diraih oleh Tomie Ganjal, mulai dari Best Jump Performance 13 BMX Cross Bukit Tinggi 2010, Juara 2 Ganjal BMX Jump Contest Payukumbuh 2010, Juara 3 PSI Sk8 BMX Vol. III Palembang 2011, Juara 1 SSBMX 1st Anniversary 2011, Juara 1 LAB-B Street Revolution Vol. Padang 2011, Best Trik LAB-B Street Revolution Vol. I Padang 2011, Juara 1 LAB-B Street Revolution Vol II Padang 2011, Highest Bunnyhop LAB-B Street Revolution Vol. II Padang 2011, Juara 2 Pekanbaru Punya Cerita II 2014, dan masih banyak prestasi lainnya yang sudah diraih oleh Tomie Ganjal.

Sebagai rider BMX yang punya segudang prestasi bukan berarti Tomi tidak mempunyai idola, nama–nama rider BMX seperti Dakota Roche, Ty Morrow, Chad Kerley, Tony Halim, dan Benny L. adalah seorang motivator atau panutan dalam perkembangan BMX di hidupnya.

Sebagai penunjang performa saat mengikuti kompetisi BMX Tomie Ganjal disponsori oleh Stagger13 dan Fictive. Baginya BMX adalah segalanya bahkan dia mengaku kalau BMX sangat penting ketimbang pacar, karena dengan bermain BMX dia merasa lebih pede.

eXtremeINA-Tomie Ganjal_profile (5)

Menurutnya perkembangan BMX di Indonesia cukup berkembang dengan pesat dengan banyaknya rider potensial di berbagai daerah. Namun sayangnya perkembangan BMX di Indonesia kurang mendapat dukungan dengan fasilitas yang cukup memadai seperti tempat-tempat latihan BMX untuk meningkatkan skill para rider BMX-nya itu sendiri.

Untuk para rider pemula, Tomie Ganjal mempunyai tips agar menjadi rider BMX yang berprestasi di kemudian hari. Jika ingin bermain BMX kalian harus berlatih secara rutin, pelajari trik-trik BMX melalu banyak referensi seperti melihat video membaca buku, dan belajar dengan yang sudah profesional.

Text             : Bambang Vidiatmoko

Photo’s        : Okke Gania

MORE Profile

COMMENTS

<