eXtremeINA.com

Profile

Tomie Ganjal: Saya Belajar BMX Secara Otodidak

eXtremeINA.com              Indonesia adalah satu dari sekian banyak negara dengan jumlah pecinta olahraga BMX yang cukup banyak. Dengan begitu maka tidak heran jika Indonesia memiliki banyak sekali legenda Pro BMX yang sudah memiliki banyak prestasi, salah satunya adalah Tomi Ferdian atau yang akrab dipanggil Tomie Ganjal.

tomie-ganjal_profile (1)

Tomie Ganjal pertama kali bermain BMX sejak duduk di bangku sekolah dasar [SD], dengan memulai karier sebagai rider BMX Racing atau BMX Cross. Namun seiring berjalannya waktu, saat memasuki tahun ketiga di bangku Universitas sekitar tahun 2007 dia mulai berganti aliran untuk bermain BMX Freestyle. Selama menggeluti dunia BMX terlebih BMX Freestyle, Tomie Ganjal belajar trik secara otodidak, atau hanya berbekal sebuah buku karangan rider BMX asal Bandung bernama Asep Tubagus alias Apep, selain itu Tomie Ganjal juga mempelajari trik-trik BMX melalui sebuah video.

tomie-ganjal_profile (2)

Sejatinya saat ditanya mengapa Tomie Ganjal sangat menyukai olahraga BMX, dia menjawab tidak ada jawaban yang signifikan. Namun bagi dirinya olahraga ekstrem BMX sudah mendarah daging, dan tidak dapat ditinggalkan. Sepeda BMX pertama yang Tomie gunakan untuk bermain didapat dari pinjaman seorang teman sesama kuliahnya, hingga pada suatu saat temannya meminta sepeda tersebut dikembalikan Tomie berusaha keras untuk membelinya, karena sepeda tersebut sudah sangat cocok dengan dirinya.

Selama berkarir sebagai rider BMX, sejatinya Tomie tidak mendapat dukungan dari keluarga, dengan alasan Tomie sering keluar kota untuk mengikuti sebuah kejuaraan, tidak mau bekerja karena bermain BMX, bahkan dia mengaku pernah menjual sebuah sepeda motor demi membeli sepeda BMX. Namun lambat laun keluarga pun mendukung pilihan Tomie untuk menggeluti dunia BMX, seiring dengan kesibukan Tomie yang sudah mulai bekerja.

tomie-ganjal_profile (3)

One Blood For All 3rd 2009 adalah sebuah Kejuaraan BMX pertama yang diikutinya. Walaupun kala itu dia tidak mendapatkan juara, namun dia sudah cukup gembira bisa mengikuti sebuah kejuaraan BMX secara resmi. Namun seiring waktu trik dan skill yang dimiliki Tomie terus berkembang hingga rentetat prestasi didapatkan mulai dari Juara 1 Fort De Cock BMX Cross III Bukit tinggi 2010, Juara 2 Ganjal BMX Jumping Contest Payakumbuh 2010, Juara 3 Why Do We Did It Vol. III Palembang 2011, Juara 1 Lab-B Street Revolution Vol.1 Padang 2011, dan masih banyak prestasi lainnya.

tomie-ganjal_profile (4)

Sebagai seorang atlet yang menggeluti olahraga ekstrem, Tomie sempat mengalami beberapa kali cedera mulai dari keseleo, memar akibat benturan, dan luka-luka. Saat ini Tomie memang sudah tidak terlalu aktif mengikuti berbagai macam kejuaraan BMX, namun dia selalu memperhatikan perkembangan BMX di Indonesia, dia pun menilai perkembangan BMX di Indonesia sangat pesat, banyak rider muda yang potensial untuk meraih prestasi dikemudian hari. Di Indonesia pun kerap menggelar Kejuaraan BMX bertaraf International, dan itu membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki banyak rider yang dapat diperhitungkan.

#BMX #eXtremeINA #extremesports #extremesportsindonesia #Indonesia #profile #TomieGanjal #urban

Text               : Bambang Vidiatmoko

Photo            : dok. Tomie Ganjal

MORE Profile

COMMENTS

<