eXtremeINA.com

Profile

Toms Brainz: Dukungan Keluarga Membuat Semangat Bermain BMX

JAKARTA – eXtremeINA.com    I Dewa Hutama Jembrana atau yang akrab dipanggil Toms Brainz adalah salah satu rider BMX yang cukup melegenda di Indonesia. Sejatinya Brainz sudah bermain BMX sejak tahun 1999, namun dirinya baru fokus pada olahraga ekstrem ini pada tahun 2005. Untuk menguasai berbagai macam trik BMX, Brainz mendapatinya hanya melihat dari video saja. Sementara untuk sepeda BMX pertama kali didapatnya berkat hadiah dari orang tuanya saat berusia 7 [tujuh] tahun, dan menurutnya ini adalah pemberian hadiah yang paling berkesan selama hidupnya.

toms-brainz_profile (5)

Saat ditanya mengapa dirinya menyukai olahraga BMX, dia menjawab pada saat saudaranya memberikan VCD BMX berjudul GT Dead Sailor, dirinya langsung tergila-gila melihat para rider top dunia memperlihatkan skill dalam video tersebut. Semangat tinggi kian dirasakan oleh Brainz, karena pada saat mulai berkarir di dunia sepeda BMX dirinya langusung mendapatkan dukungan penuh dari pihak keluarga. Seiring berjalannya waktu dan skill berman BMX sudah banyak yang dikuasainya, Brainz mulai mengikuti kejuaraan BMX untuk kali pertama di tahun 2015. Pada saat itu dia turun di kelas Bunnyhop dan langsung mendapatkan juara pertama.

toms-brainz_profile (1)

Walaupun Brainz sangat mencintai olahraga BMX, nyatanya dia sangat jarang mengikuti kejuaraan BMX. Dirinya hanya sering datang saat ada kejuaraan BMX berlangsung karena hanya ingin bertemu dengan teman-teman se-profesi. Sebagai seorang rider BMX tentunya Brainz kerap kali mendapatkan cedera saat bermain BMX, cedera terberat Brainz adalah ligament lutut kiri dan kanan, yang sekaligus harus membuat dirinya gantung sepeda atau pensiun. Setelah pensiun dedikasi Brainz untuk memajukan BMX di Indonesia dia tunjukan dengan membentuk sebuah komunitas bernama South Sumatra BMX [SSBMX]. Selain itu dia juga kerap menjadi juri dalam beberapa Kejuaraan BMX bertitle Nasional maupun International semisal kejuaraan IOXC yang kerap diadakah oleh Pemerintah melalui Kementrian Pemuda dan Olahraga [KEMENPORA].

toms-brainz_profile (3)

Sebagai salah satu legenda BMX di Tanah Air, Brainz menilai perkembangan BMX di Indonesia cukup berkembang. Banyak rider BMX yang sudah bermunculan di berbagai penjuru Indonesia, namun semua itu tidak didukung oleh perkembangan skill yang dikuasai oleh para rider. Mungin salah satu faktor yang membuat skill para rider tidak berkembang adalah minimnya fasilitas skate park di Indonesia. Namun diharapkan kedepannya dapat semakin membaik dengan dibuatnya skate park di berbagai daerah.

toms-brainz_profile (2)

Jika kembali dipercaya Brainz akan kembali menjadi juri dalam kejuaraan Indonesia Open X-Sport Championship [IOXC] 2017 di Manado pada bulan Oktober nanti.

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : dok. Toms Brainz

MORE Profile

COMMENTS

<