eXtremeINA.com

Toba Medan, Sumatera Utara – eXtremeINA.com    Sebanyak 80 pekayak dari 20 negara telah berada di Dusun Parhitean, Meranti Utara, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara untuk berpartisipasi dalam perlombaan kayak internasional Toba Wild International Adventure Festival 2019 pada 4 – 7 Desember 2019. Para pekayak sudah berlatih untuk mengenali arus dan jeram Sungai Asahan yang sering disebut sebagai ketiga terbaik di dunia untuk aktivitas arus deras.
Banyak pekayak profesional dunia sangat berminat dalam perlombaan ini untuk memerebutkan posisi juara utama yang berhadiah uang sebesar AU$6.000. Salah satu atlet profesional kayak yang berpartisipasi para perlombaan ini adalah Nouria Newman yang berasal dari Perancis. Nouria telah banyak menyabet medali pada banyak perlombaan kayak bergengsi di dunia dan merupakan salah satu atlet yang disponsori RedBull. 
Selain itu ada beberapa nama pekayak yang reputasinya disegani dan merupakan anggota tim tim olimpiade cabang olah raga kayak asal Australia dan New Zealand.
 
CEO PT Bumi Azzura Indonesia (Ocean Blue) Achmad Fitriady, pendukung utama Toba Wild mengatakan event ini ingin membawa nama Sungai Asahan sebagai salah satu daya tarik kawasan Danau Toba.
 
“Sudah saatnya Indonesia menampilkan keindahan alam dan potensinya yang luar biasa kepada dunia serta menampilkan kegiatan International Adventure Festival yang diakui dunia, ” kata Achmad yang pernah menjabat koordinator perwakilan Kementerian Pariwisata Indonesia di 17 negara di seluruh dunia.
CSR Deputy Manager PT Inalum (Persero) Daniel Jimmy Hutauruk, yang juga pendukung utama Toba Wild mengatakan perlombaan ini berdampak luas pada sektor pariwisata karena melibatkan peserta global dan sektor pendidikan melalui pembekalan edukasi dan sertifikasi search and rescue bagi masyarakat lokal. Penyelenggara acara juga membawa pesan positif melalui kegiatan membersihkan lingkungan yang melibatkan peserta dan masyarakat. Kegiatan ini selaras dengan program CSR PT Inalum (Persero) untuk membawa sustainability pada Danau Toba, Sungai Asahan dan masyarakatnya.
 
“Acara ini membawa misi pemberdayaan masyarakat karena warga setempat terlibat dalam persiapan dan pelaksanaan acara serta memberikan pendapatan tambahan sebagai penyedia homestay yang ditinggali peserta,” kata Daniel.
 
Lachie Carracher, co-founder Toba Wild yang juga seorang pekayak professional asal Melbourne, Australia serta pemenang Young Adventure of the Year dari Australian Geographic Magazine mengatakan tujuan akhir dari acara ini adalah stimulasi ekonomi lokal. 
 
“Kami bekerja sama dengan masyarakat menyelenggarakan kegiatan ini, menyediakan kesempatan kerja serta menggunakan jasa dan produk lokal. Kami juga bertujuan untuk memperlihatkan kepada masyarakat bahwa kedatangan turis mancanegara memilik implikasi positif baik dari sisi finansial maupun lingkungan hidup di area ini,” kata Lachie.
 
Emil Hardy Ridwan, Country Manager Visit Indonesia Tourism Office di Melbourne Australia mengatakan dengan 1.8 juta outbound traffic yang khusus bepergian ke luar negeri, Australia seharusnya menjadi pasar utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam menyasar wisata petualangan. 
“Australia adalah pasar utama dari kegiatan adventure tourism dunia yang sudah sepantasnya kita garap secara serius dan konsisten. Hal ini sejalan dengan banyaknya peserta kompetisi dari Australia sebanyak 30 persen dari total kontestan yang berasal dari 20 negara,” kata Emil. 
 
Emil mengatakan pihaknya selaku representasi Kemenparekraf di Australia sangat mendukung penyelenggaraan event ini dengan berperan aktif dalam mempromosikan event ini untuk mengangkat destinasi Danau Toba dan Asahan ibukota wisata petualangan Asia Tenggara di Australia. Misi ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang ingin menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata unggulan di luar Bali. 
 
“Untuk itu kami berharap agar penyelenggaraan event semacam ini mendapatkan perhatian penuh pemerintah agar dapat memberikan gaung yang lebih besar lagi ke depannya,” kata Emil.
 
Dumoly F Pardede, selaku ketua komunitas Horas Halak Hita (H3) yang menaungi masyarakat Batak lintas agama seluruh Indonesia mengatakan “H3 sangat mendukung dan memberikan apresiasi yang tinggi atas diselenggarakannya kegiatan Internasional ini. “Kami percaya bahwa kegiatan ini akan mengangkat nama Toba-Samosir – Asahan ke dunia internasional serta merupakan awal dari rangkaian kegiatan Indonesia Adventure Festival kelas dunia yang akan diselenggarakan secara nasional ke depannya,” “kata Dumoli.
 
Dumoli mengharapkan Pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata, Provinsi Sumatera Utara, Pemerintah daerah sekawasan dan masyarat Sumatera Utara untuk terus mendukung aktivitas seperti Toba Wild. “Wisata petualangan di Toba – Samosir – Asahan merupakan harta yang tertidur yang perlu dibangunkan terus menerus hingga sampai dikenal di dunia,” kata Dumoli.
 
Pihak penyelenggara berterimakasih kepada Ocean Blue, PT Inalum, Tayang dan komunitas Horas Halak Hita yang mendukung penuh kegiatan. Kegiatan ini juga berlangsung dengan bantuan in-kind dari Badan Otorita Pariwisata Danau Toba, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Institut Teknologi Del. 

Sebanyak 80 pekayak dari 20 negara telah berada di Dusun Parhitean, Meranti Utara, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara untuk berpartisipasi dalam perlombaan kayak internasional Toba Wild International Adventure Festival 2019

READ MORE

Jakarta/eXtremeINA.com      Ekspedisi Pengarungan Sungai yang berada di Mae Taeng River, Thailand 06 – 13 November 2019. Kegiatan pengarungan ini akan dilaksanakan selama tiga hari dua malam dengan jalur tempuh sekitar 30 Kilometer. Ekspedisi Indonesia Merah Putih ini mendelegasikan Sembilan Athlete dari Organisasi Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam EKA CITRA Universitas Negeri Jakarta yang telah melakukan training center dari bulan Juni 2019 sampai dengan tanggal 02 November 2019 dan tentunya yang sudah dibekali dengan berbagai Pengetahuan mengenai konsep River Camp, Pemetaan Jeram, dan Resiko resiko pengarungan yang telah beberapa kali disimulasikan di Sungai Cisadane, yang pertama pada tanggal 11-13 oktober dan yang kedua pada tanggal 18-20 oktober dan juga telah dilaksanakannya TryOut di Sungai Citatih, Sukabumi 25 – 27 Oktober 2019. Ana Maria (EC. 3718 – 0390), Brian Chafariz N (EC. 3617 – 0376), Dhimas Qodhlizaka (EC. 3718 – 0393), Dian Mardiana (EC. 3617 – 0371), Faiz Althof (EC. 3718 – 0388), Farah Jawza (EC. 3718 – 0392), Farizky Setyo B (EC. 3718 – 0385), Sarita Wahyu B (EC. 3617 – 0377), Tiara Ayu A (EC. 3718 – 0389).

Mae Taeng River ialah anak sungai dari Sungai Ping, salah satu dari dua kontributor utama Sungai Chao Phraya. Berasal dari Pegunungan Daen Lao di Distrik Wiang Haeng, Provinsi Chiang Mai, Thailand, sangat dekat dengan perbatasan dengan Burma. Sungai ini memiliki Panjang dengan jarak 1.080 Kilometer (670 mil) dengan Grade Sungai III sampai IV.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh prediksi bahwa Indonesia akan menikmati bonus demografi—kondisi dimana pada saat itu jumlah penduduk usia produktif lebih besar dibanding jumlah penduduk usia non produktif—yang akan jatuh pada rentang 2020 – 2030.

Dalam hal ini bonus demografi dapat dimanfaatkan untuk sektor pariwisata yang mana tentunya terus berkembang pesat. Apalagi ditambah dengan keberagaman Indonesia akan keadaan geografis dan budayanya yang menarik wisatawan lokal maupun mancanegara sehingga membutuhkan pengelolaan yang baik.

Maka dari itu, selain melakukan penjelajahan sungai, juga diadakan Observasi Pengelolaan Wisata Arung Jeram. Bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh masyarakat berusia produktif dalam pengelolaan pariwisata ramah lingkungan di wilayahnya masing-masing, serta dalam hal ini kami mencoba menerapkan hasil observasinya pada salah satu provider/pengelola wisata arung jeram di Indonesia.

 

Photo&Text : EKACITRAUNJ

Ekspedisi Pengarungan Sungai yang berada di Mae Taeng River, Thailand 06 – 13 November 2019. Kegiatan pengarungan ini akan dilaksanakan selama tiga hari dua malam dengan jalur tempuh sekitar 30 Kilometer.

READ MORE

eXtremeINA.com  Indonesia memang dikenal sebagai negara yang memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Salah satunya adalah pantai untuk bermain olahraga surfing yang dikenal dapat memacu adrenaline. Uniknya adalah pantai di Indonesia dapat dinikmati oleh peselancar untuk bermain surfing di sepanjang tahun, dan fenomenanya ini hanya ada di Indonesia saja. Bahkan di Hawaii lokasi yang banyak melahirkan surfer dunia pantainya hanya dapat dinikmati beberapa musim saja.

Nias Miliki 2 Pantai Yang Eksotis Untuk Surfing_feature (2)

Salah satu pantai yang mempunyai daya tarik cukup besar adalah Pantai Lagundri dan Pantai Sorake di kawasan Ibu Kota Nias Selatan, Sumatra Utara. Jarak antara Pantai Lagundri dan Pantai Sorake hanya berkisar 2 km saja. Tidak hanya surfer lokal saja, para surfer dunia pun sangat mengidamidamkan dapat surfing di lokasi ini. Selain pemandangan yang indah dua pantai ini memiliki ombak yang sangat dahsyat, yang mencapai 7 hingga 10 meter dengan lima tingkatan, selain itu panjang daya dorong ombak dipantai ini dapat mencapai 200 meter.

Nias-Miliki-2-Pantai-Yang-Eksotis-Untuk-Surfing_feature-(5)

Pantai Saroke adalah surga bagi peselancar dan terletak di mulut Teluk Lagundri. Pada musim puncak, pantai ini dikunjungi oleh peselancar dari seluruh penjuru dunia yang datang untuk naik ini gelombang tinggi dan menikmati pantai berpasir putih yang panjang. Gelombang tinggi dan gulungan di pantai ini telah disebut-sebut gelombang kedua yang paling sempurna setelah Hawaii. Ini mungkin tidak diragukan lagi disebabkan oleh tinggi gelombang mencapai hingga 15 meter, dan lima tingkat gelombang yang sulit untuk ditemukan di pantai lain. Popularitas gelombang dan pemandangan sekitarnya yang menawan telah menyebabkan pantai ini menjadi tujuan terkenal di seluruh dunia. Beberapa kompetisi surfing internasional telah diadakan di sini. Sepanjang pantai juga rumah-tetap siap untuk menampung pengunjung yang ingin menghabiskan lebih banyak waktu di Saroke.

Nias Miliki 2 Pantai Yang Eksotis Untuk Surfing_feature (4)

Pantai Lagundri adalah pantai berpasir putih yang terletak sekitar 13 km sebelah selatan dari Teluk Dalam. Pantai ini berbatasan langsung dengan pantai Sorake. Sama seperti Pantai Sorake, Pantai Lagundri juga tujuan peselancar favorit meskipun gelombang yang tidak setinggi di Sorake. Karena gelombang yang lebih rendah, Lagundri lebih cocok untuk kegiatan seperti berenang, berjemur di atas pasir putih yang halus, dan snorkeling, meskipun banyak berselancar masih dilakukan di sini juga. Beberapa atraksi khusus ke pantai ini adalah menyelam dan snorkeling, di sini kaya akan ikan hias yang indah.

Nias Miliki 2 Pantai Yang Eksotis Untuk Surfing_feature (1)

Pantai Lagundri sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu destinasi terbaik untuk bermain surfing, pasalnya lokasi ini sering dijadikan tempat untuk menggelar sebuah kompetisi surfing baik itu tingkat Nasional maupun International. Salah satu kompetisi surfing yang terkenal di lokasi ini adalah Nias Open, dalam kompetisi ini banyak sekali surfer mancanegara yang ikut serta dan berlomba untuk menaklukkan dahsyatnya ombak Pantai Landugri.

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : Berbagai Sumber

Edited by      : Ihsan Rizaldi Raz

Indonesia memang dikenal sebagai negara yang memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Salah satunya adalah pantai untuk bermain olahraga surfing yang dikenal dapat memacu adrenaline.

READ MORE

JAKARTA – eXtremeINA.com    Tepat hari Jumat ini [26/04], Opening Ceremony kompetisi windsurfing bertajuk Windsurfing Youth Championship & Talent Scout 2019 telah diselenggarakan. Kejuaraan ini sedang berlangsung sejak tanggal 24 April 2019 hingga 28 April 2019, di GOR Bahtera Jaya, Jl. Re Martadinata No. 2, PLTU, Ancol Timur, Jakarta Utara.

Kejuaraan windsurfing gagasan Bahtera Jaya Windsurfing School Sea Sports Club [BJWSSC] yang didukung oleh Jakarta Windsurfing dan bekerja sama dengan GOR Bahtera Jaya serta SUDIN PORA Jakarta Utara bertujuan untuk jenjang pencarian bakat atlet-atlet muda, pemula dan usia dini dalam program jangka panjang dari BJWSSC, sehingga regenerasi dan kompetisi setiap anggotanya dapat berjalan serta untuk anggota yang sudah mahir atau tingkat lanjut di dalam kejuaraan ini dapat menjadi agenda kejuaraan tahunan BJWSSC dalam rangka mempersiapkan atlet mengikuti program Pelatda DKI Jakarta menghadapi kualifikasi PON dan persiapan seleknas SEA Games 2019 pada julan Juni mendatang.

Kejuaraan windsurfing ini juga menjadi ajang evaluasi setiap Pengprov atau club di daerah untuk mempersiapkan atletnya masing-masing guna mengikuti Pra kualifikasi PON 2019 pada bulan September mendatang dan juga SEA Games 2019 yang akan tersaji di bulan Desember 2019 di Filipina. Dalam kejuaraan Windsurfing ini pihak penyelenggara akan mempertandingkan beberapa kelas berbeda mulai dari RS:ONE ESPOIR [U22], RS:X YOUTH [U19], BIC TECHNO [U16], GREEN FLEET A [OPEN], dan GREEN FLEET B [OPEN].

Dalam acara pembukaan ini dilangsungkan beberapa kegiatan yang diantaranya, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Laporan Ketua Panitia, Sambutan Ketua Selancar Angin DKI Jakarta, Sambutan Ketua BJWSSC, Sambutan Kansudin Pora Jakarta Utara sekaligus membuka secara resmi, Menyanyikan lagu Mars Patriot Olahraga, Berdoa, dan berfoto bersama.

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : Bahtera Jaya / BJWSSC

Edited by      : Ihsan Rizaldi Raz

Hari ini acara pembukaan Windsurfing Youth Championship & Talent Scout 2019 telah diselenggarakan.

READ MORE

JAKARTA – eXtremeINA.com     Kejuaraan Windsurfing bertajuk Windsurfing Youth Championship & Talent Scout 2019 telah dimulai Rabu [24/04] kemarin. Kejuaraan Windsurfing gagasan Bahtera Jaya Windsurfing School Sea Sports Club [BJWSSC] yang didukung oleh Jakarta Windsurfing dan bekerja sama dengan GOR Bahtera Jaya serta SUDIN PORA Jakarta Utara akan menggelar kejuaraan Windsurfing bertajuk Series 1 Windsurfing Youth Championship & Talent Scout 2019. Rencananya kejuaraan ini akan tersaji di GOR Bahtera Jaya, Jl. R.E. Martadinata No. 2, PLTU, Ancol Timur, Jakarta Utara.

Sejatinya kejuaraan Windsurfing ini akan berlangsung hingga tanggal 28 April 2019, dan pada hari pertama ini aktivitasnya adalah official arrival day registration, dan practice race. Dalam kejuaraan Series 1 Windsurfing Youth Championship & Talent Scout 2019, pihak penyelenggara akan mempertandingkan lima kelas berbeda yaitu RS:ONE ESPOIR [U22], RS:X YOUTH [U19], BIC TECHNO [U16], GREEN FLEET A [OPEN], dan GREEN FLEET B [OPEN]. Untuk target pesertanya pihak penyelenggara menargetkan setidaknya 50 peserta dapat mengikuti kejuaraan ini.

Tujuan diadakannya kejuaraan ini adalah untuk jenjang pencarian bakat atlet-atlet muda, pemula dan usia dini dalam program jangka panjang dari BJWSSC, sehingga regenerasi dan kompetisi setiap anggotanya dapat berjalan serta untuk anggota yang sudah mahir atau tingkat lanjut di dalam kejuaraan ini dapat menjadi agenda kejuaraan tahunan BJWSSC dalam rangka mempersiapkan atlet mengikuti program Pelatda DKI Jakarta menghadapi kualifikasi PON dan persiapan seleknas SEA Games 2019 pada julan Juni mendatang. Kejuaraan Windsurfing ini juga menjadi ajang evaluasi setiap Pengprov atau club di daerah untuk mempersiapkan atletnya masing-masing guna mengikuti Pra kualifikasi PON 2019 pada bulan September mendatang dan juga SEA Games 2019 yang akan tersaji di bulan Desember 2019 di Filipina.

Berikut adalah rundown Windsurfing Youth Championship & Talent Scout 2019:

  1. 24 April 2019, Official arrival day – Registration – Practice Race
  2. 25 April 2019, Team Leader Meeting – Race Day 1 [Green Fleet B] – Race Day 1 [All Class Except GF B]
  3. 26 April 2019, Opening Ceremony – Race Day 2 [All Class Except GF B]
  4. 27 April 2019, Team Leaders Meeting – Race Day 2 [Green Fleet B] – Race Day 3 [Marathon Race] – Prize Giving Marathon Race
  5. 28 April 2019, Team Leaders Meeting – Race Day 4 – Prize Giving – Closing Ceremony

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : Bahtera Jaya / BJWSSC

Edited by      : Ihsan Rizaldi Raz

Kejuaraan berseri Windsurfing Youth Championship & Talent Scout 2019 telah dimulai, berikut jadwal kegiatan acaranya.

READ MORE

BALI – eXtremeINA.com Cerys Evans mempunyai cara berbeda untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh pada hari Sabtu [21/04] lalu. Bertemakan Kartini Go Surf, bersama rekan surfer lainnya merayakan hari Kartini dengan bermain surfing menggunakan kebaya khas Ibu Kartini di Pantai Kuta, Bali.

Dalam kesempatannya dirinya pun berpendapat, “Saya pribadi sangat senang dan bangga bisa merayakan Hari Kartini bersama dengan wanita-wanita Indonesia. Perayaan ini merupakan budaya yang ada di Indonesia, dengan kita sebagai wanita bermain surfing berarti kita sudah setara dengan surfer pria.”

“Menggunakan atasan kebaya memang tidak ada masalah, namun untuk bawahan kebaya membuat pergerakan kaki agak sulit mengontrol pergerakan papan surfing. Ditambah lagi ombak yang harus dihadapi cukup tinggi. Namun kami semua sangat menikmati hari ini,” tambahnya.

Pengalaman yang luar biasa ini juga dirasakan oleh surfer asal Korea Selatan bernama Mina Jo. Bagi dirinya berselancar menggunakan kebaya memiliki kesulitan dan tantangan yang cukup menyenangkan. “Pada dasarnya melakukan surfing dengan baju renang saja sudah cukup sulit, khusus untuk merayakan hari Kartini kita harus menggunakna kebaya atas dan bawah. Walaupun sangat sulit namun kami cukup menikmatinya.”

Hari Kartini diperingati oleh bangsa Indonesia setiap tanggal 21 April. Tanggal tersebut merupakan hari lahir perempuan pendorong kesetaraan pada zaman penjajahan Belanda. Kartini yang telah disematkan sebagai salah satu Pahlawan Nasional disebut sebagai pelopor kebangkitan perempuan di Nusantara. Kartini yang terkenal dengan naskah Habis Gelap Terbitlah Terang menjadi inspirasi bagi para wanita di Indonesia untuk memperjuangkan hak dan kesetaraan yang sama baik di bidang pendidikan, olahraga, pekerjaan, dan banyak hal lainnya.

Salah satu pihak penyelenggara Kartini Go Surf Piping Irawan mengatakan, tujuan digelarnya kegiatan ini adalah untuk memberikan inspirasi bagi perempuan Indonesia untuk tidak takut menjadi seorang surfer profesional. Di Indonesia sendiri tidak banyak wanita yang menggeluti olahraga ekstrem yang satu ini, semoga dengan adanya kegiatan semacam ini dapat mendorong para wanita di seluruh penjuru Tanah Air untuk mulai bermain surfing.

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photo             : Berbagai Sumber

Edited by      : Ihsan Rizaldi Raz

Cerys Evans mempunyai cara berbeda untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh pada hari Sabtu [21/04] lalu.

READ MORE

JAKARTA – eXtremeINA.com    Pada tanggal 24 hingga 28 April 2019, Bahtera Jaya Windsurfing School Sea Sports Club [BJWSSC] yang didukung oleh Jakarta Windsurfing dan bekerja sama dengan GOR Bahtera Jaya serta SUDIN PORA Jakarta Utara akan menggelar kejuaraan Windsurfing bertajuk Series 1 Windsurfing Youth Championship & Talent Scout 2019. Rencananya kejuaraan ini akan tersaji di GOR Bahtera Jaya, Jl. Re Martadinata No. 2, PLTU, Ancol Timur, Jakarta Utara.

Tujuan diadakannya kejuaraan ini adalah untuk jenjang pencarian bakat atlet-atlet muda, pemula dan usia dini dalam program jangka panjang dari BJWSSC, sehingga regenerasi dan kompetisi setiap anggotanya dapat berjalan serta untuk anggota yang sudah mahir atau tingkat lanjut di dalam kejuaraan ini dapat menjadi agenda kejuaraan tahunan BJWSSC dalam rangka mempersiapkan atlet mengikuti program Pelatda DKI Jakarta menghadapi kualifikasi PON dan persiapan seleknas SEA Games 2019 pada julan Juni mendatang. Kejuaraan Windsurfing ini juga menjadi ajang evaluasi setiap Pengprov atau club di daerah untuk mempersiapkan atletnya maisng-masing guna mengikuti Pra kualifikasi PON 2019 pada bulan September mendatang dan juga SEA Games 2019 yang akan tersaji di bulan Desember 2019 di Filipina.

Dalam kejuaraan Series 1 Windsurfing Youth Championship & Talent Scout 2019, pihak penyelenggara akan mempertandingkan lima kelas berbeda yaitu RS:ONE ESPOIR [U22], RS:X YOUTH [U19], BIC TECHNO [U16], GREEN FLEET A [OPEN], dan GREEN FLEET B [OPEN]. Untuk target pesertanya pihak penyelenggara menargetkan setidaknya 50 peserta dapat mengikuti kejuaraan ini.

Demi mensukseskan kejuaraan Windsurfing ini, pihak Pemerintah melalui Suku Dinas Pemuda dan Olahraga Jakarta Utara turut serta mendukung dan mensupport penuh, dengan memberikan izin pemakaian lokasi yang terdapat di GOR Bahtera Jaya. Namun harapan kedepannya adalah, tidak hanya mendukung dalam hal perijinan tempat tetapi acara ini di dukung penuh dalam hal penyelenggaraan sehingga BJWSSC dan pemeritah yang terkait bisa bekerja sama dalam rangka menjaring pembinaan atlet usia dini di cabor Selancar angin khusus nya di Jakarta dan seluruh indonesia pada umumnya.

 

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photo             : Bahtera Jaya / BJWSSC

Windsurfing Youth Championship & Talent Scout 2019, 24-28 April 2019.

READ MORE

eXtremeINA.com      Surfing adalah olahraga yang dimainkan di atas ombak yang tinggi dan sebagai olahraga yang tergolong ekstrem, bermain surfing mampu meningkatkan adrenalin anda. Olahraga surfing ini dilakukan dengan menggunakan sebilah papan sebagai alat untuk bermanuver di atas ombak. Papan tersebut akan bergerak dengan menggunakan tenaga arus ombak di bawahnya dan arahnya dikemudikan seorang peselancar. Walaupun olahraga ini menantang adrenalin, banyak manfaat olahraga yang ini bagus dan berkhasiat untuk kesehatan.

Berikut manfaat olahraga surfing:

  • Membantu persoalan kesehatan mental Anda

Latihan olahraga yang menyenangkan dan meningkatkan adrenalin seperti berselancar, membantu untuk mengimbangi efek negatif dari stres. Dan bisa menyehatkan pikiran Anda. setidaknya stres Anda akan hilang untuk sementara waktu.

  • Asupan Vitamin D

Vitamin D yang Anda dapatkan karena berada di luar di bawah sinar matahari sangat penting untuk tulang yang kuat, karena mengatur jumlah kalsium dan fosfor dalam darah. Vitamin D juga membantu mengatur pertumbuhan sel kulit. Untuk mendapatkan kesehatan di atas, Anda bisa melakukan dengan olahraga surfing.

  • Mendapatkan tidur yang lebih baik dan berkualitas

Sejumlah penelitian di luar negeri, mengatakan bahwasannya manfaat olahraga surfing akan meningkatkan manfaat positif bagi proses tidur Anda di malam hari. Tidur yang berkualitas (8 jam sehari) sangatlah penting untuk manusia karena memungkinkan otot Anda untuk memperbaiki diri dan tidak ada waktu yang membuat Anda bahagia seperti perasaan yang indah bangun di pagi hari dengan perasaan segar dan bugar. Lebih semangat dalam bekerja dan beraktifitas.

  • Membakar kalori

Olahraga surfing akan memperkuat inti kaki, dan menguatkan tubuh Anda melalui gerakan yang terus berubah karena arus tinggi gelombang di laut. Berselancar selama 30 menit atau 60 menit dapat membakar sebanyak 130-260 kalori di dalam tubuh Anda.

  • Memperkuat otot-otot

Olahraga ini juga bisa memperkuat otot punggung dan bahu Anda menjadi lebih kuat, dan Anda bisa mendapatkan kaki Anda menjadi kencang karena berselancar dituntut untuk menjaga keseimbangan saat kaki Anda berada di papan selancar.

  • Meningkatkan fleksibilitas

Olahraga berselancar juga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas Anda, yang tidak hanya membantu Anda menjadi peselancar yang lebih baik, tetapi juga dapat membantu dalam pencegahan cedera ringan di masa-masa mendatang.

  • Membantung menghilangkan stres

Olahraga surfing atau berselancar termasuk olahraga yang bisa meningkatkan adrenalin Anda. Jika Anda mengalami banyak stres di tempat kerja atau di rumah, berselancar memberikan jalan bagi Anda untuk melepaskan stres Anda dalam realitas. Anda sejenak bisa melupakan masalah Anda saat Anda sedang berselancar di antara ombak dalam  menaklukkan gelombang. Dan pikiran Anda hanya akan difokuskan bagaimana menaklukan ombak selanjutnya dengan cepat, dan berani.

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : Berbagai Sumber

Edited by      : Ihsan Rizaldi Raz

Surfing adalah olahraga yang dimainkan di atas ombak yang tinggi dan sebagai olahraga yang tergolong ekstrem.

READ MORE

eXtremeINA.com  Di dunia ini banyak sekali olahraga air nan ekstrem yang dapat dinikmati setiap pecintanya. Selain dapat menyehatkan tubuh, olahraga ekstrem dapat memacu adrenali dan menguatkan mental seseorang dalam kehidupannya. Jika masyarakat pada umumnya hanya mengetahui Surfing dan Arung Jeram sebagai olahraga air yang cukup ekstrem, nyatanya masih banyak sekali olahraga ekstrem di air yang dapat dicoba.

Berikut adalah daftar olahraga ekstrem di air yang mampu menjadi referensi:

  • Big Wave Surfing

Tidak seperti olahraga surfing pada umumnya, Big Wave Surfing mengharuskan Anda berseluncur di dalam ombak besar dengan ketinggian di atas 20 kaki. Untuk melakukannya, Anda diharuskan berada di tengah laut. Lalu sesaat sebelum ombak besar tersebut datang, Anda akan dibawa turun oleh gelombang hingga mencapai 20-50 kaki ke bawah permukaan laut sebelum akhirnya berselancar di dalam ombak tersebut. Papan yang digunakan pun harus yang berukuran besar karena hanya papan besar yang dapat digunakan untuk mengendarai ombak sebesar itu.

  • Kitesurfing

Olahraga yang sangat populer di Amerika dan Eropa ini termasuk ke dalam salah satu olahraga air ekstrem lainnya. Kitesurfing merupakan olahraga yang menggabungkan surfing dan layangan. Anda tidak hanya harus mengendarai papan selancar tetapi juga mengendalikan angin yang menerbangkan layangan. Olahraga ini membutuhkan kekuatan tangan untuk mengendalikan layangan dan kekuatan kaki untuk mengendalikan papan seluncur yang berada di atas ombak. Untuk mencobanya, Anda tidak perlu jauh-jauh terbang ke luar negeri karena di Bali pun sudah banyak yang menyediakan kesempatan bagi Anda.

  • Windsurfing

Olahraga lainnya yang mirip dengan kitesurfing adalah Windsurfing. Akan tetapi Windsurfing jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan Kitesurfing. Olahraga ini membuat kita harus berselancar dengan papan selancar yang telah dimodifikasi dengan layar. Selain harus mengendalikan ombak dan angin, Anda juga dituntut untuk menyeimbangkan perahu dan layarnya yang berat untuk tetap bisa menerjang ombak. Untuk melakukannya, Anda harus menguasai beberapa teknik-teknik dasar yang membutuhkan waktu lumayan lama untuk dipelajari. Jadi sebelum mencobanya, pastikan Anda mengikuti kursus dan pelatihannya terlebih dahulu.

  • Flyboarding

Flyboarding akan menawarkan Anda sensasi terbang layaknya Iron Man menggunakan jet bertenaga khusus. Bedanya, pada Flyboarding jet tersebut dikendalikan dengan tekanan air yang sangat kuat. Ketika melakukan Flyboarding, tangan dan kaki Anda akan dipasangi semacam alat yang menyemburkan air dengan tekanan luar biasa yang dapat mengangkat Anda hingga ke udara. Tapi jangan disangka mengendalikannya merupakan hal yang mudah. Untuk dapat terbang dengan baik Anda harus menjaga keseimbangan Anda selama berada di atas air tersebut.

Dean Treml/Red Bull Content Pool // P-20120217-65724 // Usage for editorial use only // Please go to www.redbullcontentpool.com for further information. //

  • Cliff Diving

Diving atau menyelam adalah olahraga yang identik dengan menyelam ke dalam laut dan menikmati keindahan biota laut di tengah lautan. Tetapi olahraga Cliff Diving ini berbeda dengan menyelam pada umumnya. Olahraga yang menggabungkan seni akrobat dan menyelam ini mengharuskan Anda untuk terjun dari tebing setinggi 20m langsung ke dalam laut. Kebanyakan mereka yang melakukannya akan berteriak sepuasnya untuk melepaskan stress dan adrenalin ketika akan terjun ke laut.

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : Berbagai Sumber

Edited by      : Ihsan Rizaldi Raz

5 Olahraga Air Ekstrem Ini Bisa Jadi Referensi

READ MORE

eXtremeINA.com    Bodyboarding adalah olahraga air ekstrem yang mirip dengan surfing. Hanya beda pada teknik berseluncur yang digunakan oleh kedua olahraga berselancar tersebut. Hobi ini dapat memacu adrenalin.

bodyboarding_feature (1)

Bodyboarding menggunakan papan kecil yang terbuat dari bahan busa. Olahraga ini sangat rawan dan berbahaya para atlet bodyboarding memakai sirip pada kaki untuk membantu dalam menendang saat berselancar. Cara melakukannya berbeda dengan surfing. Bodyboarding melakukannya dengan cara tengkurap, tubuh yang menempel dengan papan. Untuk para atlet atau sang profesional olahraga bodyboarding biasa disebut Bodyboarder.

bodyboarding_feature (2)

Dalam memainkan bodyboarding harus bisa menjaga keseimbangan, pengetahuan tentang gelombang, dan insting yang tajam untuk mengatur berat badan saat meluncur. Gelombang datang dari segala bentuk dan arah, arah angin, dan faktor geografis lainnya. Bodyboarder harus melawan arus gelombang ombak dengan unik dan menantang. Namun biasanya para bodyboarder memilih gelombang yang lebih curam supaya terlihat lebih menantang dalam memainkannya.

bodyboarding_feature (3)

Siapa pun bisa belajar olahraga bodyboarding. Namun untuk bodyboarders yang berpengalaman postur tubuh dan control menjadi kunci lain. Untuk pemula harus memiliki insting yang tajam untuk pengetahuan gelombang dan harus mempunyai prediksi yang baik tentang gelombang dan bagaimana papan selancar harus bereaksi.

#beach #body #bodyboarding #boarding #extremeina #extremesports #extremesportsindonesia #feature #indonesia #surf #surfing #waves

Text                : Bambang Vidiatmoko

Photos           : Berbagai Sumber

Bodyboarding adalah olahraga air ekstrem yang mirip dengan surfing. Hanya beda pada teknik berseluncur yang digunakan oleh kedua olahraga berselancar tersebut.

READ MORE
<